Format Proposal PTK
Thursday, August 27, 2015
Add Comment
1
Format Proposal PTK
Oleh: Dr. Abdul Munif Khamim
===========================================================================
Judul:
............................................................................................................................. ...............
.................................................................................................................... .......................
(Judul PTK yang baik menggambarkan tentang problem tindakan, solusi tindakan, dan sasaran serta tempat
tindakan)
A. Latar Belakang
Pembelajaran PAI di kelas IV SD Sokaraja tidak selalu berjalan dengan mulus dan lancar. Banyak
permasalahan yang ternyata menghambat keberhasilan pembelajaran PAI. Di antara permasalahan yang
dihadapi guru PAI adalah (1) rendahnya kemampuan siswa dalam membaca al-Qur'an, (2) rendahnya
partsisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, (3) tidak semua siswa memiliki sumber belajar
atau buku teks, (4) rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran tertentu, dan lain lain.
Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca huruf al-Qur'an tentu merupakan suatu yang ironi.
Idealnya, semua siswa kelas IV SD sudah harus bisa membaca al-Qur'an dengan lancar, namun
kenyataannya masih ada sebagian siswa yang belum mampu membaca al-Qur'an dengan lancar. Hal ini
terlihat ketika guru PAI melakukan tes baca al-Qur'an. Dari 25 siswa kelas IV, ada 15 siswa yang belum
lancar dalam membaca al-Qur'an, bahkan masih ada 5 orang anak yang sama sekali masih bingung dalam
mengenal huruf hijaiyah.
Partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran PAI juga sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan
................................................................................................................................................................ ..........
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................. ........
..........................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
(Uraikan masing-masing permasalahan yang dihadapi peneliti dengan berbasis data)
Dari berbagai permasalahan di atas, maka permasalahan mengenai .............................................
(pilih salah satu) perlu segera diatasi. Jika tidak segera dicarikan solusinya, dimungkinkan akan
mempengaruhi .......................... Itulah sebabnya, peneliti memilih permasalahan tersebut sebagai
problem yang harus segera dipecahkan.
Jika dianalisis secara seksama, maka sesungguhnya permasalahan ............................. terjadi karena
adanya beberapa faktor, yaitu (1) ..........................................................., (2) .......................... ......................,
(3) ........................................................ Dari faktor-faktor tersebut, tampaknya faktor ............ merupakan
penyebab yang dominan. Hal ini karena........................... dst.
Secara teoritik, jika permasalahan ............................. itu disebabkan karena faktor .........................,
maka solusi yang memungkinkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah antara lain (1) ..............., (2)
.............., (3) ....................... Dari kemungkinan solusi yang ada, peneliti lebih memilih solusi yang berupa
.................. Hal ini didasarkan pada pertimbangan sebagai berikut: .....................................................
(jelaskan alasannya).
Dari beberapa uraian di atas, maka sudah seharusnya permasalahan yang berupa ..........................
perlu segera diselesaikan melalui kegiatan PTK.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana penerapan ................ untuk meningkatkan ............................. siswa kelas V SD Sokaraja?
2
2. Bagaimana peningkatkan ........................ siswa kelas V SD Sokaraja setelah diterapkan ......................?
C. Tujuan dan Kegunaan
Tujuan penelitian ini adalah:
1. Menerapkan .............................. untuk meningkatkan .................................................
2. Mengetahui bearnya peningkatan................................. melalui penerapan .................................
Sedangkan kegunaan penelitian ini antara lain:
1. Bagi guru
a. ..............................................
b. ...............................................
2. Bagi siswa
a. .................................................
b. .................................................
D. Kajian Pustaka
Penelitian tentang ...................... sudah banyak dilakukan oleh orang lain. Di antara hasil penelitian
yang memiiki relevansi dengan penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan oleh ...........................,
....................., dan ................................. (sebutkan nama para peneliti)
............................ dalam penelitiannya yang berjudul “................................” menemukan bahwa
..............................
1
Temuan ini tentu mempunyai relevansi dengan penelitian yang akan dilakukan
peneliti, terutama dalam aspek.................................... Namun yang membedakan dengan penelitian ini
adalah ....................
........................... (lanjutkan untuk hasil penelitian berikutnya)
Dari beberapa hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas, jelaslah bahwa penelitian yang akan
dilaksanakan berbeda dengan hasil-hail penelitian sebeumnya. Jika ada kemiripan, bukan berarti sama
persis, tetapi ...............................
(silahkan bangun argumentasi untuk membuktikan bahwa penelitian anda berbeda dengan pene litian
sebelumnya, dan bahwa penelitian anda bukanlah menjiplak penelitian orang lain)
E. Kajian Teori
Penelitian ini termasuk dalam wilayah kependidikan teruatama dalam aspek ................. (sebutkan
aspek pendidikan yang menjadi fokus penelitian ini, seperti aspek metode, strategi, materi, media,
evaluasi, dan lain-lain). Oleh karena itu, pemaparan mengenai teori pada aspek ................... merupakan
suatu keharusan sebagai pemandu dan pisau analisis dalam penelitian ini.
Dalam aspek .................., ada beberapa konsep yang perlu dipaparkan lebih lanjut, yaitu (1)
...................., (2) .............................., (3) ............................., dst
1. ..................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
(uraiakan secara mendetail tentang konsep ini, dimulai dari definisi, dan hal -hal lain yang terkait)
2. ..................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
3. .....................................................
....................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................. .
(uraiakan secara mendetail tentang konsep ini, dimulai dari definisi, dan hal -hal lain yang terkait)
1
Sebutkan nama peneliti, judul penelitian, penerbit, tahun terbit
3
4. ....................... Dst
F. Hipotesis Tindakan
Penerapan ............................................... bisa meningkatkan .......................................................
G. Metode Penelitian
1. Penentuan subjek penelitian
Subjek penelitian ini terdiri dari ................ orang yang duduk di kelas ................. Terdiri dari
.........orang siswa, dan ............... orang siswi. Dilihat dari kemampuan ..................... (sebutkan
kemampuan yang mau ditingkatkan), maka ada ............ orang siswa yang sudah memiliki kemampuan
................... tersebut dengan bail, .................. orang siswa yang masih kurang dalam .................., dan
.............. siswa yang sama sekali belum mampu .............
(peneliti tidak perlu berbicara panjang lebar tentang populasi dan sampel sebagaimana dalam
penelitian pada umumnya).
2. Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan
Mc Taggart yang menggunakan siklus. Model ini terdiri dari 4 (empat) langkah yaitu: rencana,
tindakan, observasi, dan refleksi.
3. Waktu Penelitian
Penelitian ini akan dilaksanakan pada .......................... Kemungkinan akan memakan waktu
selama ............... bulan....
4. Langkah-langkah penelitian
Penelitian ini ditempuh dalam beberapa siklus sampai permasalahan yang ada bisa dipecahkan.
Adapun setiap siklus teridiri dari:
a. Perencanaan
.............................................................................................................................................................
(Uraikan kegiatan yang termasuk dalam tahap perencanaan seperti observasi awal, menyusun
rencana pembelajaran (strategi dan skenario), menyusun instrumen observasi,menentukan
jadwal pelaksanaan, dan lain-lain)
b. Pelaksanaan tindakan
.............................................................................................................................................................
(Uraikan kegiatan yang termasuk dalam tahap pelaksanaan tindakan, seperti mempersiapkan
segala kebutuhan untuk melaksanakan tindakan; mempersiapkan siswa untuk segera
melaksanakan kegiatan; melaksanakan kegiatan/tindakan sesuai rencana pembelajaran;
melakukan pengelolaan dan pengendalian)
c. Observasi:
...........................................................................................................................................................
(uraiakan bagaimana peneliti akan mengamati aktivitas guru dan dampak dari tindakan terhadap
aktivitas siswa, dengan instrumen lembar observasi dan catatan peneliti)
d. Refleksi:
.............................................................................................................................................................
(uraikan bagaimana peneliti menilai, menganalisis, melakukan sintesis, memberikan makna,
memberikan penjelasan, mengulas secara kritis perubahan yang terjadi pada: siswa, suasana
kelas, dan guru, serta membuat simpulan perbaikan/hasil)
4
5. Teknik dan instrumen pengumpulan data
Tekni penelitian yang akan digunakan untuk mengumpulkan data adalah ............................
(sebutkan beberapa teknik yang akan digunakan seperti observasi, wawancara, tes, skala sikap, dan
lain-lain)
Adapun instrumen yang akan digunakan adalah .......................................................... (sebutkan
beberapa instrumen yang akan digunakan seperti lembar pengamatan, cek lis, pedoman wawancara,
angket, butir tes, dan lain-lain)
6. Pemaparan dan analisis data
Data yang telah terkumpul selanjutnya akan dipaparkan dalam bentuk narasi, tabel, gambar,
dan grafik. Narasi digunakan untuk mendeskripsikan data kuaitatif yang berupa proses kegiatan, dan
lain-lain. Sedangkan tabel, gambar, dan grafik digunakan untuk me maparkan data yang bersifat
kuantitatif.
Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualititaif
dilakukan dalam bentuk .......................................................
Sedangkan analisis kuantitatif dilakukan antara lain dengan menggunakan statitisktik deskriptif
sederhana seperti rata-rata, persentasi. Di samping itu, untuk mengetahui besarnya peningkatan
................. antara sebelum tindakan (pra tindakan) dan setelah tindakan digunakan statistik
komparatif dengan rumus t.
H. Indikator Keberhasilan
Penelitian Tindakan Kelas ini dianggap berhasil jika ................................... (gunakan ukuran kuantitatif)
siswa telah mengalami peningkatan ..............................
I. Sistematika Penulisan
Format Proposal PTK
Oleh: Dr. Abdul Munif Khamim
===========================================================================
Judul:
............................................................................................................................. ...............
.................................................................................................................... .......................
(Judul PTK yang baik menggambarkan tentang problem tindakan, solusi tindakan, dan sasaran serta tempat
tindakan)
A. Latar Belakang
Pembelajaran PAI di kelas IV SD Sokaraja tidak selalu berjalan dengan mulus dan lancar. Banyak
permasalahan yang ternyata menghambat keberhasilan pembelajaran PAI. Di antara permasalahan yang
dihadapi guru PAI adalah (1) rendahnya kemampuan siswa dalam membaca al-Qur'an, (2) rendahnya
partsisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, (3) tidak semua siswa memiliki sumber belajar
atau buku teks, (4) rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran tertentu, dan lain lain.
Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca huruf al-Qur'an tentu merupakan suatu yang ironi.
Idealnya, semua siswa kelas IV SD sudah harus bisa membaca al-Qur'an dengan lancar, namun
kenyataannya masih ada sebagian siswa yang belum mampu membaca al-Qur'an dengan lancar. Hal ini
terlihat ketika guru PAI melakukan tes baca al-Qur'an. Dari 25 siswa kelas IV, ada 15 siswa yang belum
lancar dalam membaca al-Qur'an, bahkan masih ada 5 orang anak yang sama sekali masih bingung dalam
mengenal huruf hijaiyah.
Partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran PAI juga sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan
................................................................................................................................................................ ..........
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................. ........
..........................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
(Uraikan masing-masing permasalahan yang dihadapi peneliti dengan berbasis data)
Dari berbagai permasalahan di atas, maka permasalahan mengenai .............................................
(pilih salah satu) perlu segera diatasi. Jika tidak segera dicarikan solusinya, dimungkinkan akan
mempengaruhi .......................... Itulah sebabnya, peneliti memilih permasalahan tersebut sebagai
problem yang harus segera dipecahkan.
Jika dianalisis secara seksama, maka sesungguhnya permasalahan ............................. terjadi karena
adanya beberapa faktor, yaitu (1) ..........................................................., (2) .......................... ......................,
(3) ........................................................ Dari faktor-faktor tersebut, tampaknya faktor ............ merupakan
penyebab yang dominan. Hal ini karena........................... dst.
Secara teoritik, jika permasalahan ............................. itu disebabkan karena faktor .........................,
maka solusi yang memungkinkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah antara lain (1) ..............., (2)
.............., (3) ....................... Dari kemungkinan solusi yang ada, peneliti lebih memilih solusi yang berupa
.................. Hal ini didasarkan pada pertimbangan sebagai berikut: .....................................................
(jelaskan alasannya).
Dari beberapa uraian di atas, maka sudah seharusnya permasalahan yang berupa ..........................
perlu segera diselesaikan melalui kegiatan PTK.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana penerapan ................ untuk meningkatkan ............................. siswa kelas V SD Sokaraja?
2
2. Bagaimana peningkatkan ........................ siswa kelas V SD Sokaraja setelah diterapkan ......................?
C. Tujuan dan Kegunaan
Tujuan penelitian ini adalah:
1. Menerapkan .............................. untuk meningkatkan .................................................
2. Mengetahui bearnya peningkatan................................. melalui penerapan .................................
Sedangkan kegunaan penelitian ini antara lain:
1. Bagi guru
a. ..............................................
b. ...............................................
2. Bagi siswa
a. .................................................
b. .................................................
D. Kajian Pustaka
Penelitian tentang ...................... sudah banyak dilakukan oleh orang lain. Di antara hasil penelitian
yang memiiki relevansi dengan penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan oleh ...........................,
....................., dan ................................. (sebutkan nama para peneliti)
............................ dalam penelitiannya yang berjudul “................................” menemukan bahwa
..............................
1
Temuan ini tentu mempunyai relevansi dengan penelitian yang akan dilakukan
peneliti, terutama dalam aspek.................................... Namun yang membedakan dengan penelitian ini
adalah ....................
........................... (lanjutkan untuk hasil penelitian berikutnya)
Dari beberapa hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas, jelaslah bahwa penelitian yang akan
dilaksanakan berbeda dengan hasil-hail penelitian sebeumnya. Jika ada kemiripan, bukan berarti sama
persis, tetapi ...............................
(silahkan bangun argumentasi untuk membuktikan bahwa penelitian anda berbeda dengan pene litian
sebelumnya, dan bahwa penelitian anda bukanlah menjiplak penelitian orang lain)
E. Kajian Teori
Penelitian ini termasuk dalam wilayah kependidikan teruatama dalam aspek ................. (sebutkan
aspek pendidikan yang menjadi fokus penelitian ini, seperti aspek metode, strategi, materi, media,
evaluasi, dan lain-lain). Oleh karena itu, pemaparan mengenai teori pada aspek ................... merupakan
suatu keharusan sebagai pemandu dan pisau analisis dalam penelitian ini.
Dalam aspek .................., ada beberapa konsep yang perlu dipaparkan lebih lanjut, yaitu (1)
...................., (2) .............................., (3) ............................., dst
1. ..................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
(uraiakan secara mendetail tentang konsep ini, dimulai dari definisi, dan hal -hal lain yang terkait)
2. ..................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
3. .....................................................
....................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................. .
(uraiakan secara mendetail tentang konsep ini, dimulai dari definisi, dan hal -hal lain yang terkait)
1
Sebutkan nama peneliti, judul penelitian, penerbit, tahun terbit
3
4. ....................... Dst
F. Hipotesis Tindakan
Penerapan ............................................... bisa meningkatkan .......................................................
G. Metode Penelitian
1. Penentuan subjek penelitian
Subjek penelitian ini terdiri dari ................ orang yang duduk di kelas ................. Terdiri dari
.........orang siswa, dan ............... orang siswi. Dilihat dari kemampuan ..................... (sebutkan
kemampuan yang mau ditingkatkan), maka ada ............ orang siswa yang sudah memiliki kemampuan
................... tersebut dengan bail, .................. orang siswa yang masih kurang dalam .................., dan
.............. siswa yang sama sekali belum mampu .............
(peneliti tidak perlu berbicara panjang lebar tentang populasi dan sampel sebagaimana dalam
penelitian pada umumnya).
2. Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan
Mc Taggart yang menggunakan siklus. Model ini terdiri dari 4 (empat) langkah yaitu: rencana,
tindakan, observasi, dan refleksi.
3. Waktu Penelitian
Penelitian ini akan dilaksanakan pada .......................... Kemungkinan akan memakan waktu
selama ............... bulan....
4. Langkah-langkah penelitian
Penelitian ini ditempuh dalam beberapa siklus sampai permasalahan yang ada bisa dipecahkan.
Adapun setiap siklus teridiri dari:
a. Perencanaan
.............................................................................................................................................................
(Uraikan kegiatan yang termasuk dalam tahap perencanaan seperti observasi awal, menyusun
rencana pembelajaran (strategi dan skenario), menyusun instrumen observasi,menentukan
jadwal pelaksanaan, dan lain-lain)
b. Pelaksanaan tindakan
.............................................................................................................................................................
(Uraikan kegiatan yang termasuk dalam tahap pelaksanaan tindakan, seperti mempersiapkan
segala kebutuhan untuk melaksanakan tindakan; mempersiapkan siswa untuk segera
melaksanakan kegiatan; melaksanakan kegiatan/tindakan sesuai rencana pembelajaran;
melakukan pengelolaan dan pengendalian)
c. Observasi:
...........................................................................................................................................................
(uraiakan bagaimana peneliti akan mengamati aktivitas guru dan dampak dari tindakan terhadap
aktivitas siswa, dengan instrumen lembar observasi dan catatan peneliti)
d. Refleksi:
.............................................................................................................................................................
(uraikan bagaimana peneliti menilai, menganalisis, melakukan sintesis, memberikan makna,
memberikan penjelasan, mengulas secara kritis perubahan yang terjadi pada: siswa, suasana
kelas, dan guru, serta membuat simpulan perbaikan/hasil)
4
5. Teknik dan instrumen pengumpulan data
Tekni penelitian yang akan digunakan untuk mengumpulkan data adalah ............................
(sebutkan beberapa teknik yang akan digunakan seperti observasi, wawancara, tes, skala sikap, dan
lain-lain)
Adapun instrumen yang akan digunakan adalah .......................................................... (sebutkan
beberapa instrumen yang akan digunakan seperti lembar pengamatan, cek lis, pedoman wawancara,
angket, butir tes, dan lain-lain)
6. Pemaparan dan analisis data
Data yang telah terkumpul selanjutnya akan dipaparkan dalam bentuk narasi, tabel, gambar,
dan grafik. Narasi digunakan untuk mendeskripsikan data kuaitatif yang berupa proses kegiatan, dan
lain-lain. Sedangkan tabel, gambar, dan grafik digunakan untuk me maparkan data yang bersifat
kuantitatif.
Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualititaif
dilakukan dalam bentuk .......................................................
Sedangkan analisis kuantitatif dilakukan antara lain dengan menggunakan statitisktik deskriptif
sederhana seperti rata-rata, persentasi. Di samping itu, untuk mengetahui besarnya peningkatan
................. antara sebelum tindakan (pra tindakan) dan setelah tindakan digunakan statistik
komparatif dengan rumus t.
H. Indikator Keberhasilan
Penelitian Tindakan Kelas ini dianggap berhasil jika ................................... (gunakan ukuran kuantitatif)
siswa telah mengalami peningkatan ..............................
I. Sistematika Penulisan
0 Response to "Format Proposal PTK"
Post a Comment