Contoh Penelitian PTK PAI -SD

KARYA TULIS ILMIAH
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
PENDDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK BAHASAN
BERPERILAKU RENDAH HATI DALAM KEHIDUPAN
SEHARI-HARI DENGAN METODE PENDEKATAN
BERBASIS AKTIVITAS TERHADAP SISWA KELAS II
SDN SUMBEREJO KEC. MADIUN KABUPATEN MADIUN

Diajukan Guna Melengkapi Sebagian Persyaratan Sertifikasi
Guru Agama Islam Dalam Pengembangan Profesi Keguruan
Disusun Oleh :
SRI WURYANI,S.Pd.I
NIP. 196009031986032011
Unit Kerja :
PEMERINTAH KABUPATEN MADIUN
CABANG DINAS PENDIDIKAN KEC. MADIUN
SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBEREJO 02
Madiun
2010
LEMBAR PUBLIKASI
DISERAHKAN UNTUK DIPUBLIKASIKAN
DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI SUMBEREJO 02
KECAMATAN MADIUN KABUPATEN MADIUN
NO REGISTER  :
TANGGAL    : 11 Juni 2010
Madiun, 11 Juni 2010
PENGELOLA
PERPUSTAKAAN
JUMINI,S.Pd
NIP. 196408141985042001
ii
LEMBAR PENGESAHAN
PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
NAMA  : SRI WURYANI,S.Pd.I
NIP  : 19600903 198603 2 011
JABATAN  : GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIT KERJA  : SDN SUMBEREJO 02
KEC. MADIUN KABUPATEN MADIUN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
DISAHKAN PADA TANGGAL : 11 Juni 2010
Mengetahui
Pengawas Pendidikan Agama Islam
Kec. Madiun Kabupaten Madiun
NUR EFENDI,S.Pd
NIP. 130 620 836
Mengesahkan
Kepala SD Negeri Sumberejo 02
Kec. Madiun Kabupaten Madiun
ACHMAD SURURI,S.Ag
NIP. 19510707 197807 1 002
DAFTAR ISI
iii
Halaman
LEMBAR ………………………………………………………………………..  i
LEMBAR PUBLIKAS ………………………………………………………….  ii
LEMBAR PENGESAHAN ……………………………………………………..  iii
KATA PENGANTAR …………………………………………………………..  iv
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………  V
BAB I : PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah ………………………………………………..
B.  Rumusan Masalah……………………………………………………....
C.  Tujuan Penelitian ………………………………………………………
D.  Manfaat Penelitian ……………………………………………………..
E.  Hipotesis Tindakan …………………………………………………….
F.  Ruang Lingkup Penelitian ……………………………………………..
G.  Penegasan Istilah ………………………………………………………
1
3
4
5
6
6
7
BAB II : KAJIAN PUSTAKA
A.  Prinsip-prinsip Motivasi ………………………………………………..
B.  Motivasi Belajar ………………………………………………………..
C.  Pengajaran Berbasis Aktivitas …………………………………………
D.  Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ……………………………….
8
12
20
23
BAB III :  PENELITIAN
A.  Pendekatan dan Jenis Penelitian ……………………………………….
B.  Kehadiran Peneliti ……………………………………………………..
C.  Lokasi Penelitian ………………………………………………………
D.  Sumber Data …………………………………………………………..
E.  Prosedur Pengumpulan Data …………………………………………..
F.  Analisis Data …………………………………………………………..
G.  Pengecekan Keabsahan Data …………………………………………..
H.  Tahap-tahap Penelitian ………………………………………………..
25
25
26
26
27
29
31
33
v
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian ………………………………………………………..
B.  Pembahasan ……………………………………………………………
36
45
BAB V : PENUTUP
A.  Kesimpulan ……………………………………………………………
B.  Saran-saran ……………………………………………………………
50
51
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………
52
BAB I
vi
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Terwujudnya kondisi pembelajaran siswa aktif merupakan harapan dari
semua  komponen  pendidikan  termasuk  masyarakat  dan  praktisi  pendidikan.
Oleh  karena  itu  dalam  kegiatan  pembelajaran  dituntut  suatu  strategi
pembelajaran yang direncanakan oleh guru dengan mengedepankan keaktifan
siswa  dalam  kegiatan  belajar  mengajar.  Melalui  kegiatan  belajar  yang
menekan pada aktivitas siswa diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan
hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pendidikan di sekolah.
Menurut  Suparno,  dkk  (2002)  siswa  yang  aktif  dalam  proses
pembelajaran  dicirikan  oleh  dua  aktivitas,  yaitu  aktivitas  dalam  berpikir
(minds-on),  dan  aktivitas  dalam  berbuat  (hands-on).  Perbuatan  nyata  ssiwa
dalam  pembelajaran  merupakan  hasil  keterelibatan  berpikir  siswa  terhadap
kegiatan belajarnya. Denga demikian proses siswa aktif dalam kegiatan belajar
mengajar  merupakan  suatu  kegiatan  pembelajaran  yang  harus  dilaksanakan
secara  terus  menerus  dan  tidak  berhenti.  Hal  ini  dilakukan  apabila  interaksi
antara  guru  dan  siswa  terjalin  dengan  baik.  Sebab  menurut  USMAN(200)
interaksi  dan  hubungan  timbal  balik  antara  guru  dan  siswa  itu  merupakan
syarat utama bagi berlangsungnya proses belajar mengajar.
Berdasarkan pada pendapat tersebut, menunjukkan bahwa aktivitas
1
siswa dalam kegiatan belajar mengajar mutlak diperlukan. Namun yang lebih
penting lagi dalam meningkatkan aktivitas siswa tersebut adalah kemampuan
guru  dalam  merencakan  suatu  kegiatan  belajar  mengajar  tersebut  dalam
merencanakan suatu kegiatan belajar mengajar tersebut dalam mencapai tujuan
pembelajaran.
Berdasarkan  fenomena-fenomena  tersebut,  peneliti  akan  melakukan
suatu kegiatan penelitian tindakan pada siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri
Sumberejo  02  Kecamatan  Madiun  Semester  I  Tahun  Palajaran  2009/2010
menekankan  pada  peningkatan  motivasi  belajar  siswa  melalui  kegiatan
pembelajaran  berbasis  aktivitas.  Mengapa  harus  pembelajaran  berbasis
aktivitas ?
Beberapa  alas  an  peneliti  menggunakan  pendekatan  pengajaran
berbasis  aktivitas  dalam  megajarkan  materi  pembelajaran  Pendidikan  Agama
Islam  diantaranya  :  (1)  asas  aktivitas  digunakan  dalam  semua  jenis  metode
mengajar  baik  di  dalam  mauoun  diluar  kelas,  (2)  asas  aktivitas  bertujuan
mengembangkan  ide-ide  atau  merealisasikan  suatu  ide  dalam  suatu  bentuk
tertentu,  (3)  asas  aktivitas  dapat  menikmati  pengalaman-pengalaman  estetis,
(4) memecahkan suatu kesulitan intelektual, dan (5) memperoleh pengalaman
dan ketrampilan tertentu.
Sedangkan alasan peneliti memilih mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam  digunakan  sebagai  materi  behan  pendidikan  berbasis  aktivitas,  karena
dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam dapat membantu siswa untuk: (1)
menjalani kehidupan sehari-hari secara efektif, (2) memehami didunianya dan
hal-hal  yang  mempengaruhinya,  (3)  memanfaatkan  kesempatan  untuk
mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, fleksibel, dan inovatif,
2
(4)  mengembangkan  pengertian  tentang  konseop-konsep  Pendidikan  Agama
Islam, (5) menilai dan  menggunakan produk teknologi, (6) memehami bahwa
karir sains dan teknologi cocok bagi pria dan waita, (70) membuat penilaian
tentang  isu-isu  yang  berkenan  dengan  lingkungan  alam  dan  buatab,  (8)
bertanggung  jawab  terhadap  perbaikan  kualitas  lingkungan,  (9)  memberikan
pemecahan  pada  dilemma  moral  sehubungan  dengan  isu-isu  sains  dan
teknologi,  dan  (10)  menyiapkan  diri  untuk  studi  pada  tindakan  yang  lebih
lanjut.
Dari  beberapa  alas  an  pengambilan  permasalahan  dalam  penelitian
tindakan kelas tersebut, maka dapat dirumuskan judul penelitian tindakan kels
tersebut, maka dapat dirumuskan judul penelitian tindakan kelas Meningkatkan
Motivasi  Belajar  Pendidikan  Agam  Islam  Pokok  Bahasan  Bertata  Krama
dalam  Kehidupan  Sehari-hari  dengan  metode  pendekatam  Berbasis  aktivitas
pada siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Sumberejo 02 Kecamatan Madiun
Kabupaten  Madiun  Semester  I  Tahun  Pelajaran  2009/2010  dapat
meningkatkan dan akhirnya akan berdampak pada hasil belajar yang diperoleh
siswa  dalam  proses  belajar  mengajar  khususnya  mata  pelajaran  Pendidikan
Agama Islam.
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang masalh tersebut diatas, maka dalam penelitian
tindakan  kelas  ini,  peneliti  dapat  merumuskan  beberapa  focus  penelitian
sebagai berikut :
3
1.  Apakah  pendekatan  berbasis  aktivitas  pelajaran  Agama  Islam  pada  iswa
Kelas  II  Sekolah  Dasar  Negeri  Sumberejo  02  Kecamatan  Madiun
Kabupaten Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010?
2.  Bagaimanakah  damapk  kegiatan  belajar  mengajar  yang  menggunakan
pendekatan  berbasis  aktivitas  dalam  pembelajaran  pelajaran  Pendidikan
Agama  Islam  terhadap  motivasi  belajar  siswa  Kelas  II  Sekolah  Dasar
Negeri  Sumberejo  02  Kecamatan  Madiun  Kabupaten  Madiun  Semester  I
Tahun Pelajaran 2009/2010?
C.  Tujuan Penelitian
Berdasarkan pada rumusan masalah tersebut, maka penelitian tindakan
kelas ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan :
1.  Pendekatan berbasis aktivitas lebih efektif dalam menumbuhkan motivasi
belajar  mata  pelajaran  Pendidikan  Agama  Islam  pada  siswa  Kelas  II
Sekolah  Dasar  Negeri  Sumberejo  02  Kecamatan  Madiun  Kabupaten
Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010.
2.  Dampak  kegiatan  belajar  mengajar  yang  menggunakan  pendekatan
berbasis dalam pembelajaran pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap
siswa  Kelas  II  Sekolah  Dasar  Negeri  Sumberejo  02  Kecamatan  Madiun
Kabupaten Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010
4
D.  Manfaat Penelitian
Berdasarkan pada tujuan penelitian tersebut, peneliti ini diharapkan dapat
menghasilkan  temuan-temuan  mengenai   strategi  pembelajaran  dengan
pendekatan  berbasis  aktivitas  pada  mata  pelajaran  Pendidikan  Agama  Islam
pada siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Sumberejo 02 Kecamatan Madiun
Kabupaten Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010. Disisi lain peneliti
ini diharapkan bermanfaat bagi :
1.  Guru
Menambah  wawasan  dan  pengetahuan  dalammeningkatkan  kualitas
pendidikan  mata  pelajaran  pendidikan  Agama  Islam  pada  siswa  Kelas  II
Sekolah  Dasar  Negeri  Sumberejo  02  Kecamatan  Madiun  Kabupaten
Madiun  Semester  I  Tahun  Pelajaran  2009/2010  melalui  implementasi
strateg  pembalajaran  dengan  menggunakan  pendekatan  berbasis  aktivitas
pada Sekolah Dasar negeri lainnya.
2.  Lembaga Sekolah
Sebagai  masukan  dalam  hambatan  dan  kelemahan  penyelenggaraan
pembelajaran  serta  sebagai  upaya  memperbaiki  dan  mengatasi  masalahmasalah pembelajaran yang dihadapi di kelas, sehingga dapat menemukan
cara yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan harapan
akan  diperoleh  hasil  belajar  yang  optimal  demi  kemajuan  lembaga/
sekolah.
5
3.  Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun
Sebagai masukan dalam proses pelaksanaan  pembelajaran agar mengikuti,
memperhatikan  dan  menerapkan  hasil  yang  diperoleh  dari  penelitian  ini,
sehingga  kelemahan  pelaksanaan  pembelajaran  di  lapangan  dapat
memperbaiki  sesuai  dengan  saran  dan  rekomendasi  penelitian  tindakan
kelas.
4.  Literatur
Sebagai  bahan  referensi  dan  acuan  bagi  peneliti  lain,  yang  melakukan
penelitian sesuai dengan konteks penelitian yang dilakukan oleh peneliti.
E.  Hipotesis Tindakan
1.  Berdasarkan  pada  permasalahan  dalam  penelitian  tindakan  yang  berjudul
Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam pokok Bahasan
Berperilaku Rendah Hati dalam Kehidupan Sehar-hari pada siswa Kelas II
Sekolah  Dasar  Negeri  Sumberejo  02  Kecamatan  Madiun  Kabupaten
Madiun  Semester  I  Tahun  Pelajaran  2009/2010  yang  dilakukan  oleh
peneliti,  dapat  dirumuskan  hipotesis  tindakan  sebagai  berikut:  “Jika
strategi  pembelajaran  yang  selama  ini  digunakan  guru  mata  pelajaran
Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan belajar mengajar siswa  Kelas II
Sekolah  Dasar  Negeri  Sumberejo  02  Kecamatan  Madiun  Kabupaten
Madiun  Semester  I  Tahun  Pelajaran  2009/2010,  diganti  dengan  strategi
pembelajaran  berbasis  aktivitas,  maka  dimungkinkan  akan  peningkatan
motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam”.
6
F.  Ruang Lingkup Penelitian
1.  Ruang  lingkup  penelitian  tindakan  kelas  ini  terbatas  pada  upaya
meningkatkan  motivasi  belakar  siswa  Kelas  II  Sekolah  Dasar  Negeri
Sumberejo  02  Kecamatan  Madiun  Kabupaten  Madiun  Semester  I  Tahun
Pelajaran 2009/2010, dengan strategi pembelajaran berbasis aktivitas pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
G.  Penegasan Istilah
Beberapa  istilah  yang  harus  ditegaskan  dalam  penelitian  ini,  agar  dalam
pembahasan penelitiab akan mengarah pada uraian yang lebih spesifik sesuai
dengan ruang lingkup penelitian. Diantaranya :
1.  Motivasi Belajar
Motivasi  belajar  dapat  diartikan  sebagai  serangkaian  usaha  yang  muncul
dari  dalam  diri  seseorang,  sehingga  memiliki  semangat  untuk  melakukan
sesuatu sesuai harapan yang direncanakan.
2.  Pengajaran Berbasis Aktivitas
Pengajraan  berbasis  aktivitas  dimaksudkan  bahwa  pangajaran  ini
didasarkan pada kreaktifan siswa salam mengikuti proses belajar mengajar,
sehingga semua siswa beraktivitas sesuai dengan kemamapuannya. Dengan
demikian  diharapkan  dalam  proses  belajar  mengajar  ini  didapatkan  hasil
belajar yang optimal.
7
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
Salah  satu  fungsi  pengajaran  adalah  memberikan  motivasi  kepada  pihak
yang  diajarnya  untuk  melaksanakan  tugas-tugasnya  dengan  sebaik  mungkin  secara
efektif  dan  produktif.  Beberapa  konsep  dan  teori  yang  telah  dikemukakan  dapat
dijadikan  upaya  sebagai  kerangka  acuan  dalam  mewujudkan  berbagai  upaya
memberikan motivasi.
A.  Prinsip-prinsip Motivasi
Beberapa  prinsip  motivasi  yang  dapat  dijadikan  acuan  dalam  kegiatan
belajar mengajar antara lain :
1.  Prinsip Kompetensi
Yang  dimaksud  dengan  prinsip  kompetensi  adalah  persaingan  secara
sehat,  baik  inter  maupun  pribadi.  Kompetensi  inter  pribadi  atau  self
competition adalah kompetisi dalam diri pribadi masing-masing dari tindakan
atau  unjuk  kerja  dalam  dimesi  tempat  dan  waktu.  Kompetisi  antar  pribadi
adalah  persaingan  antara  individu  yang  satu  dengan  yang  lain.  Dengan
persaingan  secara  sehat,  dapat  ditimbulkan  motivasi  untuk  bertindak  secara
lebih baik. Salah satu bentul misalnya :
perlombaan karya tulis, siswa teladan dan sebagainya. Kompetensi juga
dapat  dilakukan  antar  sekolah  untuk  mendorong  siswa  melakukan  berbagai
upaya unjuk kerja belajar yang baik.
8
2.  Prinsip pemacu
Dorongan untuk melakukan berbagai tindakan akan terjadi apabila ada
pemacu  tertentu.  Pemacu  ini  dapat  beupa  informasi,  nasehat,  amanat,
peringatan,  percontohan  dan  sebagainya.  Dalam  hal  ini  motif  teratur  untuk
mendorong  selalu  melakukan  berbagai  tindakan  dan  unjuk  kerja  yang
mendorong selalu melakukan berbagai tindakan  dan unjuk kerja  yang sebaik
mungkin.  Hal  ini  dapat  melakukan  melalui  konsultasi  pribadi,  nasehat  atau
amanat  dalam  upacara,  cetamah  keagamaan,  bimbingan,  pembinaan  dan
sebagainya.
3.  Prinsip ganjaran dan hukuman
Ganjaran  yang  diterima  oleh  seseorang  dapat  meningkatkan  motivasi
untuk melakukan tindakan yang menumbulkan ganjaran itu. Setiap unjuk kerja
yang  bai  apabila  diberikan  ganjaran  yang  memadai,  cenderubg  akan
meningkatkan  motivasi.  Misalnya,  pemberian  hadiah  kepada  siswa  yang
berprestasi.  Demikian  pula  hukuman  yang  diberian  dapat  menimbulkan
motivasi  untuk  tidak  lagi  melakukan  tindakan  yang  menyebabkan  hukuman
itu.  Hal  yang  harus  diterapkan  secara  proposional  dan  benar-benar  dapt
memberikan motivasi.
4.  Kejelasan dan kedekatan tujuan
Makin  jelas  dan  makin  dekat  suatu  tujuan,  maka  akan  makn
mendorong seseorang untuk melakukan tindakan. Sehubungan dengan prinsip
ini, maka seyogyanya setiap siswa memahami tujuan belajarnya secara jelas.
Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan penjelasan sesuatu
9
tujuan  dari  tindakan  yang  diharapkan.  Cara  lain  adalah  dengan  membuat
tujuan-tujuan yang masih umum dan jauh menjadi tujuan yang khusus dan
lebih dekat.
5.  Pemahaman hasil
Dalam uraian di atas, telah dikemukakan bahwa hasil yang dicapai
seseorang  akan  merupakan  balikan  dari  yang  telah  dilakukannya,  dan  itu
semua dapat memberikan motivasi untuk melakukan tindakan selanjutnya.
Perasaan/ sukses  yang ada pada diri seseorang akan mendorongnya untuk
selalu  memelihara  dan  meningkatkan  unjuk  kerjanya  lebih  lanjut.
Pengetahuan  tentang  balikan,  mempunyai  kaitan  erat  dengan  tingkat
kepuasan yang dicapai. Dalam kaitan ini, para pengajar seyogyanya selalu
memberikan balikan kepada setiap unjuk kerja  yang telah dihasilkan oleh
setiap siswa.
Misalnya mengembalikan tugas-tugas yang telah dibuat oleh siswa
dengan  nilai  dan  komentar-komentarnya.  Umpan  balik  ini  bermanfaat
untuk  mengukur  derajat  hasil  belajar  yang  telah  dihasilkan  ntu  keperluan
perbaikan  dan  peningkatan  selanjutnya.  Para  siswa  hendaknya  selalu
dipupuk memiliki rasa sukses dan terhindar dari berkembangnya rasa gagal.
6.  Pengembangan minat
Minat dapt  diartikan sebagai rasa senang atau tidak senang adalah
menghadapi suatu obyek. Prinsip dasarnya ialah bahwa motivasi seseorang
10
cenderung  akan  meningkatkan  apabila  yang  bersangkutan  memiliki  minat
yangbesar  melakukan  tindakannya.  Dalam  hubungan  ini  motivasi  dapat
dilakukan  dengan  jalan  menimbulkan  atau  mengembangkan  minat  siswa
dalam  melakukan  kegiatan  belajar.  Dengan  demikian  siswa  akan
memperoleh   kepuasan  dan  unjuk  kerja  yang  baik.  Pada  gilirannya  dapat
menumbuhkan motivasi belajar secara efektif dan produktif.
7.  Lingkungan yang konduktif
Lingkungan  kerja  yang  konduktif,  baik  lingkunga   fisik,  sosial,
maupun psikologis, dapat menumbuhkan dan mengembangkan motif untuk
bekerja  dengan  bai  dan  produktif.  Untuk  itu  dapat  diciptakan  lingkungan
fisik  yang  sebaik  mungkin,  misalnya  kebersihan  ruangan,  tata  letak,
fasilitas  dan  sebagainya,  demikian  pula  lingkingamn  sosial  psikologis
seperti  hubungan  antar  pribadi,  kehidupan  kelompok,  kepemimpinan,
promosi,  bimbingan,  kesempatan  untuk  maju,  kekeluargaan  dan
sebagainya.
8.  Keteladanan
Perilaku  pengajar  (guru)  secara  langsung  atau  tidak  langsung
mempunyai  pengaruh  terhadap  siswa  baik  yang  bersifat  positif  maupun
negative. Perilaku guru dapat meningkatkan motivasi belajar. Sehubungan
dengan  itu,  maka  sangat  diharapkan  agar  perilaku  guru  dapat  menjadi
sumber keteladanan bagi para siswanya. Denga contoh-contoh yang dapat
diteladani, para siswa dapat lebih meningkatkan produktivitas
11
belajar mereka.
B.   Motivasi Belajar
Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai
dengan  timbulnya  perasaan  dan  reaksi  untuk  mencapai  tujuan.  Motivasi
dimulai dari adanya peruabahan energi dalam pribadi. „ Perubahan-perubahan
dalam  motivasi  timbul  dari  perubahan-perubahan  tertentu  di  dalam  sistem
neuropisiolgis dalam orgenisme manusia, misalnya karena terjadi perubahan
energi yang tidak diketahui.
Motivasi  ditandai  dengan  timbulnya  perasaan  affective  arousal.
Mula-mula  merupakan  ketegangan  psikologis,  lalu  merupakan  suasana
emosi. Suasana emosi ini menimbulkan kelakuan  yang bermotif. Perubahan
ini mungkin bisa dan mungkin juga tidak, kita hanya dapat melihatnya dalam
perbuatan.  Seoarng  terlibat  dalam  suatu  diskusi,  karena  dia  merasa  tertarik
pada masalah yang dibicarakan maka suaranya akan timbul dan kata-katanya
dengan lancar dan cepat keluar.  Motivasi ditandai dengan reaksi-reaksi untuk
mencapai tujuan. Pribadi yang bermotivasi mengadakan respon-respon yang
dituju  ke  arah  suatu  tujuan.  Respon-respon  itu  berfungsi  mengurangi
ketegangan  yang  disebabkan  oleh  perubahan  energi  dalam  dirinya.  Setiap
respon meruapakan suatu langkah kea rah mencapai tujuan.
1.  Jenis-jenis Motivasi
Berdasarkan  pengertian  dan  analisis  tentang  motivasi  yang  telah
dibahas di atas maka pada pokoknya motivasi dapat dibagi menjadi dua
12
jenis : (a) motivasi intrinsic dan (b) motivasi ekstrinsik. Motivasi instrinsik
adalah  motivasi  yang  tercangkup  di  dalam  situasi  belajar  dan  menemui
kebutuhan  dan  tujuan-tujuan  murid.  Motivasi  ini  sering  juga  disebut
motivasi  murni.  Motivasi  yang  sebenarnya  yang  timbu  dalam  diri  siswa
sendiri,  misalnya  keinginan  untuk  mendapat  ketrampilan  tertentu,
memperoleh  informasi  dan  pengertian,  mengembangkan  sikap  untuk
berhasilnya,  menyenangi  kehidupan,  meyadari  sumbangannya  terhadap
usaha kelompok, keinginan diterima oleh orang lain dan lain-lain.
Jadi, motivasi ini timbuk tanpa pengaruh dari luar. Mtivasi intrinsik
adalah motivasi  yang timbul dalam diri siswa dan berguna dalam siatuasi
belajar  yang fungsional. Dalam hal ini pujian atau hadiah atau sejenisnya
tidak  siperlukan  oleh  karena  tida  akan  menyebabkan  siswa  bekerja  atau
belajar untuk mendapatkan pujiaan atau hadiah itu. Seperti dikatakan oleh
Emerson, The reward of  a thing well done is to have done it.
Jadi  jelaslah,  bahwa  motivasi  intrinsik  adalah  bersifat  riil  dan
motivasi sesungguhnya tatu disebuat istilah sound motivation.
Motivasi  ekstrinsik  adalah  motivasi  yang  disebabkan  oleh  faktorfaktor dari luar situasi kelas, seperti angka kredit, ijazah, tingkatan hadiah,
medali pertentangan, dan persaingan yang bersifat negative ialah sarcasm,
ridicule, dan hukuman. Mootivasi ekstrinsik ini tetap diperlukan di sekolah,
sebab  pengajaran  di  sekolah  tidak  semuannya  menarik  minat  siswa  atau
sesuai dengan kebutuhan siswa. Lagi pula sering kali para siswa belum,
13
memahami  untuk  apa  ia  belajar  hal-hal  yang  diberikan  oleh  sekolah.
Karena  itu  motivasi  terhadap  pelajaran  itu  perlu  dibangkitkan  oleh  guru
sehingga para siswa mau dan ingin belajar. Usaha untuk dapat dikerjakan
oleh guru memang banyak, dan    karena itu di dalam memotivasi siswa kita
tidak akan menentukan suatu formula tertentu yang dapat digunakan setiap
saat oleh guru.
2.  Prinsip-prinsip Motivasi
Prinsip-prisnsip  ini  disusun  atas  dasar  penelitian  yang  saksama  dalam
rangka mendorong motivasi belajar murid-murid di sekolah yang mengandung
pendangan demokratis dan salam rangka menciptakan self motivation dan self
discipline  di  kalangan  murid-murid.  Kenneth  H.  Hover,  mengemukakan
prinsip-prinsip motivasi sebagai berikut:
a.  Pujian lebih efektif daripada hukuman
Hukuman bersifat menghentikan suatu perbutana, sedangkan pujian bersifat
menghargai  apa  yang  telah  dilakukan.  Karena  itu  pujian  lebih  besar
nilainya bagi motivasi belajar murid.
b.  Semua  murid  mempunyai  kebutuhan-kebutuhab  psikologis  (yang  bersifat
dasar)  tertentu  yang  harus  mendapat  kepuasan.  Kebutuhan-kebutuhan  ini
menyatakan  diri  dalam  berbagai  bentuk  yang  berbeda.  Murid-murid  yang
dapat  memenuhi  kebuthannya  secara  efektif  melalui  kegiatam-kegiatan
belajar  hannya  memerlukan  sedikit  banntuan  di  dalam  memotivasi  dan
disiplin.
14
c.  Motivasi yang berasal dari dalam individu lebih efektif daripada motivasi
yang dipaksakan dari luar. Sebabnya ialah karena kepuasan yang diperoleh
oleh individu itu sesuai dengan ukuran yang ada dalam diri murid sendiri.
d.  Terhadap jawaban (perbuatan) yang serasi (sesuai dengan keinginan) perlu
dilakukan  usaha  pemantuaan  (reinforcern.ent).  apabila  sesuatu  perbuatan
belajar mencapai tujuan maka terhadap perbuatan itu perlu segera diulang
kembali setelah beberapa menit kemudian, sehingga hasilnya tetap mantap.
Pemantapan itu perlu dilakukan dalam setiap tingkatan pengalaman belajar.
e.  Memotivasi  itu  mudah  menjalar  atau  tersebar  terhadap  orang  lain.  Guru
yang  berminat  tinggidan  antusias  akan  menghasilkan  murid-murid  yang
juga berminat tnggi dan antusias pula. Demikian murid yang antusias akan
mendorong motivasi murid-murid lainnya.
f.  Pemahaman  yang jelas terhadap tujuan-tujuan  akan merangsang motivasi.
Apabila  seseorang  telah  menyadari  tujuan  yang  hendak  dicapai  maka
perbuatannya kea rah itu akan lebih besar daya doronganya.
g.  Tugas-tugas  yang  dibebankan  oleh  diri  sendiri  akan  menimbulkan  minat
yang  lebih  besar  untuk  mengerjakan  daripada  tugas-tugas  itu  dipaksakan
oleh  guru.  Apabila  muris  diberi  kesempatan  menemukan  masalah  sendiri
dan  memecahkannya  sendiri  maka  akan  mengembangkan  motivasi  dan
disiplin lebih baik.
15
h.  Pujian-pujian  yang  datangnya  dari  luar  (external  reward)  kadangkadang  diperlukan  dan  cukup  efektif  untuk  merangsang  minat  yang
sebenarnya. Berkat dorongan orang lain, misalnya untuk memperoleh
angka  yang  tinggi  maka  akan  berusaha  lebih  giat  karena  minatnya
menjadi lebih besar.
i.  Motivasi  yang  besar  erat  hubungannya  dengan  kreativitas  murid.
Dengan  teknik  mengajar  yang  tertentu  motivasi  murid-murid  dapat
diajukan kepada kegiatan-kegiatan kreatif. Motivasi yang telah dimiliki
oleh  murid  apabila  diberi  semacam  penghalang  seperti  adanya  ujian
yang  mendadak,  peraturan-peraturan  sekolah  dan  lain-lainmaka
kegiatan kreatifnya akan timbul sehingga ia lolos dari penghalang tadi.
Karena  itu,  prinsip-prinsip  penggerakan  motivasi  belajar  sangat
erat hubugannya dengan prinsip-prinsip belajar itu sendiri. Ada beberapa
prinsip belajar dan motivasi yang disampaikan oleh Hamalik (2002), agar
mendapatkan perhatian  dari pihak perencana pengajaran khusunya dalam
merencanakan kegiatan belajar mengajar.
Prinsip  tersebut  dapat  digunakan  oleh  pendidik  dalam
mengupayakan  peningkatan  motivasi  peserta  didik  dalam  mengikuti
kegiatan  belajar  mengajar,  sehingga  didapatkan  prestasi  belajar  yang
optimal.  Diantaranya:  (1)  Kebermaknaan.  Pelajaran  akan  bermakna  bagi
siswa  jika  guru  berusaha  menghubungkannya  dengan  pengalaman  masa
lampau,  atau  pengalaman-pengalaman  yang  telah  mereka  miliki
sebelumnya.  Sesuatu  yang  menarik  minat  dan  nilai  tertinggi  bagi  siswa
16
berarti  bermakna  baginya.  Oleh  sebab  itu  guru  hendaknya  berusaha
menyesuaikan  pelajaran  dengan  minat  para  siswanya,  dengan  cara
memberikan  kesempatan  kepada  para  siswa  berperan  serta  memilih,  (b)
Modelling.  Siswa akan suka memperoleh tingkah laku baru bila dilaksanakan
dan ditirunya.
Pelajaran  yang akan lebih mudah dihayati dan diterapkan oleh siswa
jika  guru  mengajarkan  dalam  bentuk  tingkah  laku  model,  bukan  hanya
dengan  menceramahkan/  menceritakan  secara  lisan.  Dengan  mode  tingkah
laku  itu,  siswa  dapat  mengamati  dan  menirukan  apa  yang  diinginkan  oleh
guru,  (c)  Komunikasi  Terbuka.  Siswa  lebih  suka  belajar  bila  penyajian
terstruktur supaya pesan-pesan guru terbuka terhadap pengawasan siswa,  (d)
Prasyarat.  Apa  yang  telah  dipelajari  oleh  siswa  sebelumnya  mungkin
merupakan faktor penting yang dapat menentukan keberhasilan siswa dalam
belajar.  Karena  itu  hendaknya  guru  berusaha  mengetahui/  mengenali
prsayarat-prasyarat  yang  telah  mereka  miliki  :  Siswa  yang  berada  dalam
kelompok  yang  berprasyarat  akan  mudah  menagamati  hubungan  antara
pengetahuan  yag  sederhana  yang  telah  dimiliki  dengan  pengetahuan  yang
kompleks yang akan dipelajari,  (e) Novelty.  Siswa akan lebih senang belajar
bila  perhatiannya  ditarik  oleh  penyajian-penyajian  yang  baru  (novelty)  atau
masih asing,  (f) Latihan/ Praktek yang Aktif dan Bermanfaat.  Praktek secara
aktif  berarti  siswa  mengerjakan  sendiri,  bukan  mendengarkan  ceramah  dan
mencatat pada buku tulis, (g) Latihan Terbagi. Siswa lebih senang belajar,
17
jika latihan dibagi-bagi menjadi sejumlah kurun waktu yang pendek. Latihan
yang  demikian  akan  meningkatkan  motivasi  siswa  dalam  belajar
dibandingkan  dengan  latihan  yang  dilakukan  sekaligus  dalam  jangka  waktu
yang  panjang,  (h)  Kurangi  secara  Sistematik  Paksaan  Belajar.  Siswa  perlu
diberikan paksaan atau pemompaan. Akan tetapi bagi siswa yang sudah mulai
menguasai  pelajaran,  maka  secara  sistematik  pemompaan  itu  dikurangi  dan
akhirnya  siswa  dapat  belajar  sendiri,  dan  (i)  Kondisi  yang  menyenangkan.
Siswa  akan  lebih  senang  melanjtkan  belajarnya  jika  kondisi  pengajarannya
menyenangkan.
3.  Cara Mengaktifkan Motivasi Siswa
Guna  dapat  menggunakan  berbagai  cara  untuk  menggerakan  atau
membangkitkan  motivasi  belajar  siswanya,  ialah  sebagai  berikut.  (a)
Memberi angka. Umumnya setiap siswa ingin mengetahui hasil pekerjaannya,
yakni  berupa  angka  yang  diberikan  oleh  guru.  Murid  yang  mendapatkan
angkanya  baik,  akan  mendorong  motivasi  belajarnya  menjadi  besar,
sebaliknya  murid  yang  mendapat  angka  kurang,  mungkin  menimbulkan
frustasi atau dapat juga menjadi pendorong motivasi agar belajar lebih baik,
(b)  Pujiaan.  Menimbulkan  rasa  puas  dan  senang,  (c)  Hadih.  Cara  ini  dapat
juga  dilakukan  oleh  guru  dalam  batas-batas  tertentu,  misalnya  pemberian
hadiah hasil belajar pada akhir tahun kepada para siswa yang mendapat atau
menunjukkan hasil belajar yang baik, memberikan hadiah bagi para
18
pemenang sayembara  atau pertandingan olahraga,  (d) Kerja kelompok.
Dalam  kerja  kelompok  di  mana  melakukan  kerja  sama  dalam  belajar,
setiap  anggota  kelompok  turutnya,  kadang-kadang  perasaan  untuk
mempertahankan  nama  baik  kelompok  menjadi  pendorong  yang  kuat
dalam perbuatan belajar,  (e) Persaingan.  Baik kerja kelompok maupun
persaingan  memberikan  motif-motif  sosial  kepada  murid.  Hanya  saja
persaingan  individual  akan  menimbulkan  pengaruh  yang  tidak  baik,
seperti  :  rusaknya  hubungan  persahabatan,  perkelahian,  pertentangan,
persaingan  antarkelompok  belajat,  (f)  Tujuan  dan  level  of  aspi  ration.
Dari  keluarga  akan  mendorong  kegiatan  siswa,  (g)  Sarkames.  Dalam
batas-batas  tertentu  sarkames  dapat  mendorong  kegiatan  belajar  demi
nama baiknya, tetapi pihak lain dapat menimbulkan senaliknya, karena
siswa  merasa  dirinya  dihina,  sehingga  memungkinkan  timbulnya
konflik  antara  siswa  dan  guru,  (h)  Penilaian.  Penilaian  secara
berkesinambungan  akan  mendorong  murid-murid  belajar,  oleh  karena
setiap anak memiliki kecenderungan untuk memperoleh hasil yang baik.
Di samping itu, para siswa selalu mendapatkan tantangan dan masalah
yang  harus  dihadapi  dan  dipecahkan,  sehingga  mendorongnya  belajar
lebih teliti dan saksama,  (i) Karya wisata dan Ekskursi.  Cara ini dapat
mengakibatkan  motivasi  belajar  oleh  karena  dalam  kegiatan  ini  akan
mendapatkan pengalaman langsung dan bermakna baginya. Selain dari
karena  obyek  yang  akan  dikunjungi  adalah  obyek  yang  menarik
minatnya.  Suasana  bebas,  lepas  dari  keterikatan  ruangan  kelas  besar
manfaatnya  untuk  menghilangkan  ketegangan-ketegangan  yang  ada,
19
sehingga  kegiatan  belajar  mengajar  dapat  dilakukan  lebih
menyenangkan,  (f)  Film  Pendidikan.  Setiap  siswa  merasa  senang
menonton  film.  Gambaran  dan  isi  cerita  film  lebih  menarik  perhatian
dan minat siswa dalam belajar. Para siswa mendapat pengalaman baru
yang  meruapakan  suatu  unit  cerita  yang  bermakna,  dan  (k)  Belajar
melalui  Radio.  Mendengarkan  radio  lebih  menghasilkab  daripada
mendengarkan  ceramah  guru.  Radio  adalah  alat  yang  penting  untuk
mendorong  motivasi  belajar  murid.  Kendatipun  demikian,  radio  tidak
mungkkin dapat menggantikan kedudukan guru dalam mengajar. Masih
banyak cara yang dapat digunakan oleh guru untuk membangkitkan dan
memelihara  motivasi  belajar  murid.  Namun  yang  lebih  penting  ialah
motivasi  yang  timbul  dari  dalam  diri  murid  sendiri  seperti  dorongan
kebutuhan,  kesadaran  akan  bertujuab,  dan  juga  pribadi  guru  sendiri
merupakan contoh yang dapat merangsang motivasi mereka.
C.  Pengajaran Berbasis Aktivitas
Dalam  aktivitas  pembelajaran  di  sekolah,  guru  harus
mengusahakan agar siswa dapat melakukan pengamatan yang efektif agar
memperoleh  hasil  pembelajaran  yang  sebaik-baiknya.  Dalam  mengajar,
hendaknya  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  melakukan
pengamatan  yang  sebaik-baiknya.  Beberapa  hal  yang  dapat  dilakukan
guru  untuk  membantu  siswa  melakukan  pengamatan  yang  bai  dalam
pembelajaran adalah sebagi berikut :
1.  Pengamatan  akan  lenih  efektif  kepada  rangsangan-rangsangan  yang
mempunyai  struktur  dan  bentuk  yang  jelas.  Oleh  karena  itu,  hal-hal
20
2.  yang  akan  dipelajari  hendaknya  mempunyai  struktur  dan  organisasi
yang jelas.
3.  Pengamatan  kepada  sesuatu  yang  dekat  akan  lebih  berkesan.  Oleh
karena itu, siswa diberi banyak kesempatan untuk lebih dekat dengan
hal-hal yang akan dipelajari.
4.  Pengamatan di pengaruhi oleh pengalaman sebelumnya. Oleh karena
itu,  pada  waktu  guru  mengajar,  sebaiknya  dimulai  dengan
pengalaman-pengalaman siswa.
5.  Pengamatan  dimulai  dengan  keseluruhan,  baru  kemudian  kepada
bagian-bagian.  Oleh  karena  itu  dalam  memberikan  bahan  yang  akan
diajarkan,  sebaiknya  dimulai  dengan  keseluruhan,  baru  kemudian
kepada bagian-bagian yang lebih khusus.
6.  Pengamatan dipengaruhi oleh peringkat perkembangan individu. Oleh
karena  itu,  pengajaran  hendaknya  disesuaikan  dengan  peringkat
perkembangan individu, terutama peringkat perkembangan kognitif.
7.  Terdapat  perbedaan  individual  dalam  pengamatan.  Tiap  individu
mempunyai macam gaya pengamatan (ada gaya visual, auditif, taktis
dan  kinestetik).  Oleh  karena  itu  pengajaran  hendaknya  disesuaikam
dengan gaya pengamatan masing-masing siswa.
Beberapa  faktor  dapat  menimbulkan  terjadinya  kesalahan  atau
kelaianan  pengamatan,  seperti  rangsangan  yang  kurang  jelas,  kurangnya
perhatian siswa, pengalaman di masa lampau, kurang baiknya alat indera,
lingkungan yang menganggu dan sebagainya.
Menurut Hamalik (2001) mengatakan bahwa pengajaran yang
21
efektif  adalah  pengajaran  yang  menyediakan  kesempatan  belajar  sendiri
atau melakukan aktivitas sendiri. Dalam kemajuan metodologi dewasa ini
asas  aktivitas  lebih  ditonjolkan  melalui  suatu  program  unit  activity  ,
sehingga kegiatan belajar siswa menjadi dasar untuk mencapai tujuan dan
hasil belajar lebih memadai.
Ada  beberapa  jenis  kegiatan  yang  disampaikan  oleh  para  ahli,
diantaranya:  (1)  kegiatan-kegiatan  visual,  (2)  kegiatan-kegiatan  lisan
(oral),  (3)  mendengarkan,  (4)  menulis,  (5)  menggambar,  (6)  metric,  (7)
mental,  dan  (8)  emosional.  Adapun  penjabaran  macam-macam
kegiatannya adalah sebagai berikut :
1.  Kegiatan-kegiatan Visual
Membaca,  melihat  gambar-gambar,  mengamati  eksperimen,
demontrasi, pameran dan mengamati orang lain bekerja atau bermain.
2.  Kegiatan-kegiatan Lisan
Mengemukakan  suatu  fakta  atau  prinsip,  menghubungkan  suatu
kejadian,  mengajukan  pertanyaan,  memberi  saran,  mengemukakan
pendapat, wawancara, diskusi dan interupsi.
3.  Kegiatan-kegiatan Mendengarkan
Mendengarkan  penyajian  bahan,  mendengarkan  percakapan  atau
diskusi kelompok, mendengarkan suatu permainan dan mendengarkan
radio.
4.  Kegaiatan-kegiatan Manulis
Menulis cerita, menulis laporan, memeriksa karangan, bahan-bahan
22
kopi, membuat rangkuman, mengerjakan tes dan mengisi angket.
5.  Kegiatan-kegiatan Menggambar
Menggambar, membuat grafik, chart, diagram peta dan pola.
6.  Kegiatan-kegiatan Metrik
Melakukan  percobaan,  memilih  alat-alat,  melaksanajan  pameran,
membuat model, menyelenggarakan permainan, menari dan berkebun.
7.  Kegiatan-kegiatan Mental
Merenungkan,  mengingat,  memecahkan  masalah,  menganalisis,
faktor-faktor, melihat, hubungan-hubungan dan membuat keputusan.
8.  Kegiatan-kegiatan Emosional
Minat,  membedakan,  berani,  tenag  dan  lain-lain.  Kegiatan-kegiatan
dalam kelompok ini terdapat dalam semua jenis kegiatan dan ovelap
satu sama lain.
Dari  beberapa  macam  aktivitas  tersebut  menunjukkan  bahwa
dalam  kegiatan  pengajaran,  aktivitas  siswa  sangat  siperlukan  dalam
memenuhi  tujuan  pengajaran.  Sehingga  dalam  suatu  kegiatan
pembelajaran,  aktivitas  siswa  harus  disesuaikan  dengan  materi
pengajaran yang disampaikan oleh guruuu atau masalah yang sedang
dibahas.
D.  Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Kurikulum  Pendidikan  Agama  Islam  perlu  memberikan
pengalaman belajar yang membantu siswa memehuni kebutuhan pribadi.,
sosial,  lingkungan  dan  ekonomi.  Pengalaman  belajar  dalam  kurikulum
Pendidikan  Agama  Islam  membantu  siswa  untuk:  (1)  menjalani
23
kehidupan sehari-hari secara efektif, (2) memahami dunianya dan hal-hal
yang  mempengaruhinya,  (3)  memanfaatkan  kesempatan  untuk
mengembangkan  kemampuan  berfikir  kreatif,  flesibel  dan  inovatif,  (4)
mengembangkan  pengertian  tentang  produk  teknologi,  (6)  memahami
bahwa karir dalam ilmu pengetahuan dan teknologi cocok bagu pria dan
wanita,  (7)  membuat,  penilaian  tentang  isu-isu  yang  berkenaan  dengan
lingkungan  alam  dan  buatan,  (8)  bertanggungjawab  terhadap  perbaikan
kualitas  lingkungan,  (9)  memberikan  pemecahan  pada  dilemma  moral
sehubungan  dengan  isu-isu  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi,  dan  (10)
menyiapkan diri untuk studi pada tingkatan yang lebih lanjut.
Kurikulum Pendidikan Agama  Islam harus memberikan pengalaman belajar
yang melibatkan siswa pada proses dan produk dalam ilmu pengetahuan dan
teknologi.  Pendekatan  ayng  dipakai  dalam  kurikulum  diharapkan  akan
mendorong  siswa  menjadi  pelajar  yang  aktif  dan  fleksibel.  Secara  khusus
pendekatan  ini  akan  :  (1)  memperhatikan  perbedaan  individu  siswa,  (2)
memberikan kesempatan yang sama kepada semua siswa untuk mempelajari
konsep-konsep  esensial,  (3)  membekali  siswa  dengan  ketrampilan  untuk
memahami  dunia  melalui  penyelidiki,  dan  (4)  membekali  siswa  dengann
ketrampilan  baik  untuk  memilih  alat-alat  yang  sesuai  maupun  bahan-bahan
yang diperlukan.
24
BAB III
METODE PENELITIAN
A.  Pendekatan dan Jenis Penelitian
Pendekatan  dan  jenis  penelitian  yang  dilakukan  oleh  peneliti
adalah penelitian tindakan. Menurut Waseso (1994) penelotoan tindakan
merupakan  proses  daur  ulang,  mulai  tahap  perencanaan,  pelaksanan
tindakan  dan  pemantauan,  refleksi  yang  mungkin  diikuti  dengan
perencanaan ulang.
Penelitian  tindakan  bertujuan  mengembangkan  ketrampilanketrampilan baru atau cara pendekatan baru untuk memecahkan masalah
dengan penerapan langsung di dunia factual (Zuriah, 2003).
Carr dan Kemmis (1986), mengatakan bahwa penelitian tindakan
adalah  suatu  bentuk  penelahaan  inquiry  melalui  refleksi  diri  yan
dilakukan  oleh  peserta  kegiatan  pendidikan  tertentu  dalam  situasi  sosal,
untuk memperbaiki rasionalisme dan kebeneran serta keabsahan.
B.  Kehadiran Peneliti
Kehadiran  peneliti  dalam  kegiatan  penelitian  ini  lebih  tepat  bila
dimaksudkan dalam kegiatan peran serta. Sebab peneliti dalam penelitian
ini  tergolong  pada  penelitian  tindakan  partisipan.  Zuriah  (  2003)
mengatakan  bahwa  orang  yang  akan  melakukan  penelitian  tindakan
haruslah  terlibat  dalam  proses  penelitian  dari  awal.  Untuk  itu  peneliti
harus melakukan pengamatan berperan serta dalam penelitian ini.
25
Spradley  (1980)  membagi  tiga  tahap  pengamtan  berperan  serta
dalam  penelitian  kualitatif,  diantaranya;  (a)  Dimulai  dari  pengamtanpengamatan  yang  bersifat  memeriksa  (descriptive  observations)  secara
luas,  dengan  meukiskan  situasi  social  secara  umum  yang  ada  di  lokasi
penelitian,  (b)  kemudian  dilanjutkan  dengan  pengamatan-pengamatan
yang  lebih  terfokus  (focused  observation)  untuk  menemukan  kategorikategori  uatama  tentang  focus  penelitian,  dan  (c)  setelah  itu  diadakan
pengamatan-pengamatan  yang  bersifat  selektif  (selective  observation)
untuk  menemukan  kategori-kategori  yang  lebih  rinci  tentang  sub-sub
focus penelitian.
C.  Lokasi Penelitian
1.  Lokasi penelitian tindakan ini adalah Sekolah Dasar Negeri Sumberejo 02
Kecamatan  Madiun  Kabupaten  Madiun  Semester  I  Tahun  Pelajaran
2009/2010. sedangkan subyek dalam penelitian ini ditentukan berdasarka
pertimbangan-pertimbangan tertentu. Pertimbangan tersebut adalah faktor
perbedaan  kemampuan  belajar  antara  siswa,  dan  kondisi  lingkungan
lokasi penelitian. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II Seolah Dasar
Negeri Sumberejo 02 Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun Semester I
Tahun Pelajaran 2009/2010.
D.  Sumber Data
1.  Sumber  data  yang  dimaksudkan  adalah  manusia  dan  non  manusia.
Sumber  data  manusia  dalam  penelitian  ini  adalah  Guru  Kelas  II
Seolah  Dasar  Negeri  Sumberejo  02  Kecamatan  Madiun  Kabupaten
Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010.
26
Sedangkan  sumber  data  non  manusia  berupa  dokumentasi  hasil
pengamatan  dan  catatan  observasi  peneliti,  hasil  evaluasi  belajar,  dan
dokumen yang relevan dengan ruang lingkup penelitian.
E.  Prosedur Pengumpulan Data
Penggunaan  prosedur  pengumpulan  data  yang  tepat  dapat
diperoleh  data  yang  obyetif  dalam  kegiatan  penelitian.  Beberapa  teknik
pengumpulan  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  tindakan  ini
diantaranya:
1.  Observasi
Observasi diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan secara
sistematik  terhadap  gejala  yang  tampak  pada  objek  penelitian
(Zuriah,2003).  Pengamatan  dan  pencatatan  yang  dilakukan  terhadap
objek di tempat atau langsungnya peristiwa.
Ada  dua  jenis  observasi  yang  dilakukan,  diantaranya:  (a)
Observasi langsung, yaitu observasi yang dilakukan dimana observer
berada  bersama  obyek  yang  diselidiki,  dan  (b)  Observasi  tidak
langsung, yaitu observasi atau pengamatan yang dilakukan tidak pada
saat  berlangsungnya  suatu  perstiwa  yang  diteliti.  Dengan
menggunakan teknik ini, melakukan catatan terhadap hasil observasi
dengan menggunakan daftar cek (chek list).
2.  Wawancara
Wawancara  merupakan  salah  satu  prosedur  terpenting  untuk
mengumulkan  data  dalam  penelitian  kualitatif,  sebab  banyak
27
informasi  yang diperoleh peneliti melalui wawancara. Menurut Arifin
(1998)  yang  dimaksud  dengan  wawancara  adalah  suatu  percakapan
yang bertujuan memperoleh konstruksi yang terjadi sekarang tentang
orang, kejadian, aktivitas, organisasi, perasaan, motivasu, pengakuan,
kerisauan  dan  sebagainya.  Menurut  Lincoln  dan  Guba  yang  dikutip
oleh  Moleong  (2000),  maksud  mengadakan  wawancata  antara  lain
untuk  mengkontruksi  mengenai  orang,  kejadian,  kegiatan  organisasi,
perasaan, motivasi, tuntutan kepedulian dan lain-lain.
Wawancara  dilakukan  peneliti  untuk  memperoleh  data  sesuai
dengan  kenyataan  pada  saat  peneliti  melakukan  wawancara.
Wawancara dalam penelitiab ini ditunjukkan kepada siswa Kelas II II
Seolah  Dasar  Negeri  Sumberejo  02  Kecamatan  Madiun  Kabupaten
Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010.
Wawancara  dalam  penelitian  ini  menggunakan  jenis
wawancara  mendalam  yang  tidak  berstruktur.  Sebab  dalam
wawancara  tidak  terstruktur  akan  diperoleh  informasi  sebanyakbanyaknya  yang  rahasia,  dan  sensirif  sifatnya  sekalipun  serta
memungkinkan  sekali  dicatat  semua  respons  efektif  informan  yang
tampak selama wawancara berlangsung (Bafadal, 1994).
Namun dalam pelaksanaan wawancara tersebut tetap mengacu
pada  Guba  dan  Lincoln  (Bafadal,  1994)  bahwa  sebelum  melakukan
wawancara terlebih dahulu disusun garis-garis besar pertanyaan yang
disampaikan kepada infoeman berdasarkan ruang lingkup penelitian.
28
3.  Dokumentasi
Menurut Zuriah (2003) teknik ini adalah cara mengumpulkan
data  melalui  peninggalan  tertuli,  terutama  berupa  arsip-arsip  dan
termasuk  juga  buku-buku  tentang  pendapat,  teori,  dalil  atau  hokumhukum lain yang berhubungan dengan masalah penelitian.
Guba  dan  Licoln  (1981)  mengatakan  bahwa  dokumen  dan
record  dapat  digunakan  untuk  keperluan  penelitian  karena:  (1)
meruapakan  sumber  yang  stabil,  kaya  dan  mendorong,  (2)  berguna
sebagai  bukti  untuk  suatu  pengujian,  (3)  sifatnya  alamiah  sesuai
dengan  konteks,  (4)  hasil  pengkajian  akan  membuka  kesempatan
untuk lebih memperluas pengetahuan yang diselidiki.
F.  Analisis Data
Analisis  data  merupakan  proses  mencari  dan  mengatur  secara
sistematis  transkrip  wawancara,  catatan  lapangan  dan  bahan-bahan  lain
yang  telah  dihimpun  oleh  peneliti.  Pekerjaan  analisis  meliputi  kegiatan
mengerjakan  data,  menata,  membagi  menjadi  satuan-satuan  yang  dapat
dikelola, mensistesiskannya, mencari pola, menemukan apa yang penting
dan apa yang akan peneliti laporkan (Bogdan dan Biklen, 1982).
Miles  dan  Hubermen  (1984)  mengatakan  analisis  data  perlu
dilakukan  secara  terus  menerus  selama  penelitian  berlangsung.
Selanjutnya  Nasution  (1988)  mengatakan  bahwa  analisis  data  adalah
proses menyusun, mengkategorikan data, mencari pola atau tema dengan
maksud untuk memahami maknanya.
29
Moleong (1995:103) mengemukakan, “analisis data adalah proses
pengoranisasian dan pengurutan data ke dalam pola, kategori dan satuan
uraian dasar, sehingga dapat ditemukan tema seperti yang disarankan oleh
data”.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah
analisis  deskritif.  Dengan  maksud  bahwa  penelitian  deskriptif  dirancang
untuk  memperoleh  informasi  tentang  status  gejala  pada  saat  penelitian
dilakukan. Setelah data hasil penelitian terkumpul maka, selanjutnya data
tersebut disusun sistematis. Dengan cara diorganisir, kemudian dikerjakan
yang  akhirnya data tersebut diungkap permasalahan  yang penting sesuai
dengan topik yang sesuai dengan permasalahan.
Selanjutnya  Miles  dan  Hubermen  (1984)  menerpakan  tiga  alur
kegiatan  dalam  analisis  deskriptif  yang  menjadi  datu  kesatuan  yang  tak
dapat  terpisahkan,  yaitu  :  (1)  Reduksi   data,  pada  teknik  ini  peneliti
melakukan  proses  pemilahan,  pemusatan  perhatian  untuk
penyederhanaan,  pengabstrakan,  dan  transformasi  data  mentah  atau  data
kasar  yang muncul dari  catatan-catatan di lapangan,  (2) Penyajian data,
teknik  ini  memaparkan  hasil  temuan  secara  narasi,  dan  (3)  Penarikan
kesimpulan  atau  verfckas,  teknik  ini  peneliti  berusaha  agar  dapat
menggambarkan  kerepresentatifan  suatu  peristiwa,  kejadian  atau  suatu
subjek.
Dalam  kegiatan  analisis  tersebut,  akan  didapatkan  dua  jenis  data
yaitu,  data  kualitatif  dan  data  kuantitatif.  Data  kualitatif  berupa  hasil
observasi yang  dilakukan pada setiap tahap kegiatan, dan data kuantitatif
berupa  hasil  belajar  atau  prestasi  belajar  yang  didapatkan  oleh  siswa
30
dalam  melakukan  proses  pembelajaran  dengan  strategi  pembelajaran
berbasis aktivitas.
Teknik  analisis  data  dalam  penelitan  ini,  adalah  analisis  data
kualitatif  yang  bersifat  linear  (mengalir)  maupun  bersifat  sirkuler.
Adapun  teknik  analisis  data  yang  dilakukan  dengan  langkah-langkah
sebagai  berikut:  (1)  menelaah  seluruh  data  yang  telah  dikumpulan.
Penelahaan  dilakukan  dengan  cara  menganalisis,  mensisteis,  memaknai,
menerangkan,  dan  menyimpulkan.  Kegiatan  penelaahan  pada  prinsipnya
dilaksanakan  sejak  awal  data  dikumpulkan,  (2)  mereduksi  data  yang
didalamnya melibatkan kagiatan mengkategorikan dan pengklasifikasian,
dan  (3)  menyimpulkan  dan  memverifikasi.  Dari  kegiatan  reduksi
selanjutnya  dilakukan  penyimpulan  terakhir  dan  selanjutnya  diikuti
kegiatan verifikasi atau pengujian terhadap temuan penelitian.
G.  Pengecekan Keabsahan Data
Pengecekan keabsahan data ini dilakukan peneliti dalam penelitian
ini adalah dengan cara mencek ulang atau cross cek hasil data penelitian
yang  dihasilkan  dengan  uji  ulang  ke  lapangan  atau  lokasi  penelitian
dengan cara memperpanjang waktu observasi yang mendalam. Keabsahan
data dapat diungkapkan dengan, (1)  data apa yang masih perlu dicari, (2)
pertanyaan apa yang harus dijawab, (3) metode apa yang harus diperbaiki.
Keabsahan data meripakan konsep penting dalam membuktikan keahlian
(validitas)  dan  keandalan  (reliabilitas)  sutu  hasil  penelitian.  Dalam
31
penelitian  tindakan  ini,  untuk  mengecek  data  yang  diperoleh  maka,  ada
beberapa langkah yang dilakukan oleh peneliti. Diantaranya :
1.  Perpanjang siklus kegiatan penelitian
Dalam kegiatan penelitian tindakan ini, agar didapatkan hasil
penelitian  yang  optimal  dan  mendekati  keabsahan  data  hasil
penelitian,  maka  langkah  peneliti  melakukan  kegiatan  ini,  dalam
upaya  meningkatkan  dan  membuktikan  keabsahan  data  yang
diperoleh.
2.  Ketekunan Pengamatan
Ketekunan  peneliti  dalam  kegiatan  pengamtaan,  akan
membantu peneliti dalam memperoleh data penelitian yang valid dan
reliable.  „Ketekunan  peneliti  dalam  penelitian  ini  ditunjukkan  pada
kehadiran peneliti pada setiap kegiatan penelitian tindakan.
3.  Triangulasi
Triangulasi  adalah  teknik  pemeriksaan  keabsahan  data  yang
memanfaatkan  sesuatu  yang  lain  di  luar  data  itu  utuk  keperluan
pengecekan  atau  sebagai  pembanding  terhadap  data  itu.  Ada  empat
macam  triangulasi  sebagai  teknik  pemeriksaan  keabsahan  data
penelitian diantaranya:
a.  Sumber
Sumber  berarti  membandingkan  dan  mengecek  balik
derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu
dan  alat  yang  berbeda  dalam  kualitatif,  dengan  jalan
membandingkan data hasil dari: (a) pengamatan dengan data hasil
32
wawancara (2) apa yang dikatakan di depan umum dan pribadi, (3)
apa  yang  dikatakan  dalam  situasi  penelitan  dengan  sepanjang
waktu,  (4)  pendapat  beberpa  orang  berdasarkan  tingkat
pendidikan, dan (5) wawancara dengan isi suatu dokumen.
b.  Metode
Ada  dua  strategi  dalam  pengecekan  derajat  kepercayaan,
(1)  hasil  penemuan  dengan  teknik  pengumpulan  data,  dan  (2)
beberapa sumber data dengan metode yang sama.
c.  Penyidik
Memanfaatkan  peneliti  dengan  pengamat  lainnya  untu
keperluan pengecekan kembali derajat kepercayaan data.
d.  Teori
Melaporkan  hasil  penelitian  disertai  dengan  penjelasan
sebagaimana  dikemukakan  dalam  meningkatkan  derajat
kepercayaan data yang diperoleh.
H.  Tahap-tahap Penelitian
Tindakan  penelitian  yang  direncanakan  dalam  penelitab  tindakan
ini adalah sebagai berikut: (1) Menetapkan indicator desain pembelejaran
Berbasis  Aktivitas  yang  digunakan  dalam  proses  belajar  mengajar,  (2)
menyusun  strategi  penyampaian  dan  pengelolaan  pengajaran  dengan
pembelajarn Berbasis Aktivitas yang meliputi: merancang dan menyusun
bahan  ajar,  merancang  satuan  pelajaran  yang  digunakan  dalam  kegaitan
proses  belajar  mengajar,  (3)  Menyusun  metode  dan  alat  perekam  data
33
yang terdiri atas catatan lapangan, pedoman observasi, pedoman analisis,
dan  catatan  harian,  dan  (4)  Menyusun  perencanaan  teknik  pengolahan
data didasarkan pada model analisis dan kualitatif.
Berkaitan  dengan  tindakan  penelitian,  maka  diperlukan  suatu  langkahlangkah  penelitian,  agar  dalam  pelaksanaan  penelitian  dapat  terprogram
dengan  baik.  Menurut  Zuria  (2003)  mengatakan  bahwa  penelitian
tindakan direncanakan melalui beberapa tahap perncanaan, diataran ya: (1)
refleksi awal, (2) peneliti merumuskan permasalahan secara operasional,
(3)  peneliti  merumuskan  hipotesis  tindakan,  dan  (4)  menetakan  dan
merumuskan rancangan tindakan.
1.  Tahap 1. Refleksi
Merupaan  fase  refleksi  awal  yang  berarti  melakukan  refleksi
terhadap situasi yang sebebrnya, setelah merumuskan tema penelitian.
2.  Tahap 2. Perencanaan
Merupakan  fase  perencanaan  yang  dilakukan  setelah  melakukan  fase
pertama,  perlu  mereview  analisis  awal  yang  harus  dilakukan,  tentang
strategi pembelajaran Berbasis Aktivitas dalam kegiatan belajar mengajar
pada  siswa  Kelas  II  II  Seolah  Dasar  Negeri  Sumberejo  02  Kecamatan
Madiun Kabupaten Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010. dalam
tahap  ini  diharapkan  (a)  dapat  menterjemahkan  gambaran  yang  jelas
tentang  strategi  pembelejaran  Berbasis  Aktivitas  dalam  proses  belajar
mengajar, dan alas an pemilihan tema tersebut, (b) draf kerja tindakan tiap
individu  dan  kelompok,  (c)  gambaran  tentang  pihak  yang  terlibat,  9d)
garis  besar  rencana  program  kerja  (time  schedule),  (e)  memonitor
34
perubahan  saat  penelitian  berlangsung,  dan  (gambaran  awal  tentang
efisiensi data yang terkumpul). Tahap ini memastikab bahwa siswa Kelas
II  II  Seolah  Dasar  Negeri  Sumberejo  02  Kecamatan  Madiun  Kabupaten
Madiun Semester  I Tahun Pelajaran 2009/2010  dijadikan sebagai obyek
penelitian dengan permasalahan yang akan di bahas oleh peneliti.
3.  Tahap 3. Tindakan Observasi
Tahap  iimerupakan  tahap  penjabaran  rencana  ke  dalam  tindakan  dan
mengamati  jalannya  tindakan.  Menurut  Nasution  (1988)  yang  dimaksud
dengan  observasi  adalah  dasar  semua  ilmu  pengetahuan  selama  di
lapangan, peneliti berusah berinteraksi dengan subyek secara aktif, sebab
observasi  adalah  kegiatan  selektif  dari  suatu  proses  aktif.  Dimaksudkan
untuk mengetahui keadaan obyek penelitian sebelum peneliti melakukan
penelitian sesuai kenyataan yang ada.
4.  Tahap 4. Refleksi Akhir
Tahap  ini  terdiri  dari:  (a)  menganalisis,  (b)  melakukan  sintesis,  (c)
memberikan makna, (d) eksplanasi, dan (e) membuat simpulan.
35
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Peneitian
1.  Paparan Data
Paparan  data  dalam  pembahasan  penelitian  tindakan  (action
research)  ini  pada  dasarnya  menjabarkan  tentang  upaya  peningkatan
motivasi  belajar  siswa  dalam  kegiatan  belajar  melalui  kegiatan
pembelajaran  berbasis  aktivitas.  Ada  beberapa  hal  cara  meningkatkan
keterlibatan siswa dalam upaya peningkatan aktivitas belajar, diantaranya:
(1)  guru  diharapkan  dapat  mengenal  dan  membantu  anak-anak  yang
kuranng terlibat.  Selidiki  apa yang menyebabkannya dan usaha apa yang
bisa  dilakukan  untuk  meningkatkan  partisipasi  anak  tersebut,  (2)  guru
harus  menyiapkan  siswa  secara  tepat,  dan  (3)  sesuaikan  pengajaran
dengan kebutuhan-kebutuhan individual siswa.
Berikut  ini  akan  peneliti  jabarkan  hasil  penelitian  tindakan
berdasarkan siklus-siklus kegitan. Diantaranya :
a.  Kegiatan Siklus I
Setelah kegiatan belajar mengajar dalam serangkaian kegiatan
penelitian  dilaksanakan,  selanjutnya  peneliti  akan  memaparkan  hasil
kegiatan pembelajaran siswa Kelas II Seolah Dasar Negeri Sumberejo
02  Kec.  Madiun  Kabupaten  Madiun  Semester  I  Tahun  Pelajaran
2009/2010,  berkaitan  dengan  upaya  peningkatan
36
motivasi  belajar  siswa  dengan  strategi  pembelajaran  berbasis
aktifitasi.  Adapun  secara  rinci  akan  dipaparkan  dari  hasil  observasi
dan catatan penelitian tentang aktivitasi belajar, motivasi belajar, dan
prestasi belajar siswa Kelas II  II Seolah Dasar Negeri Sumberejo 02
Kecamatan  Madiun  Kabupaten  Madiun  Semester  I  Tahun  Pelajaran
2009/2010.
Tabel 4.1
Distribusi Hasil Belajar Secara Prosentase Dari Siswa Kelas II II
Seolah Dasar Negeri Sumberejo 02 Kecamatan Madiun Kabupaten
Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010
NO  NAMA SISWA
HASIL
BELAJAR
1  AMANDA ALDI  6
2  DEVI NOVITA SARI  7
3  FAJAR YUSU A.  7
4  MUHAMMAD YUDA P.  7
5  SITI BADRIYAH  6
6  AHMAD SARONI  6
7  ANDIKA DWI YANUARI  8
8  BAGUS SETYO N.  9
9  DESI FITRI CAHYANI  6
10  ERA SUBEKTI  7
11  FRIDA AMBARSARI  5
12  GHOFUR SURYA R.  8
13  NURSITA FERNANDO  6
14  PUTRA FEBRI A.  6
15  REZA WAHYU F.  6
16  RIFQAH BILQIS K.  7
17  TANTRI NAVELIA  7
18  WINDU PRIYAMBODO  7
37
19  YULIA AYU SAFITRI  6
20  YUSMITA INDRASTUTI  8
21  NOVITA PUTRI  6
22  VIVI LOVITA SAHRI  7
23  KONOKATUL AZIZAH  7
24  ALGI SUPYANDI  6
Berdasarkan  data  dari  hasil  evaluasi  kegiatan  yang
dilakukan  oleh  peneliti,  dapat  didistribusikan  data  hasil  belajar
tersebut dalam kegiatan pada siklus I. Data tersebut didistribusikan
berdasarkan  perolehan  hasil  evaluasi  belajar  setiap  individu
setelah melakukan serangkaian kegiatan belajar mengejar dengan
strategi  pembelajaran  berbasis  aktivitas.  Adapun  data  yang
diperoleh sebagai berikut:
Tabel 4.1
Distribusi Hasil Belajar Secara Prosentase Dari Siswa Kelas II
SDN Sumberejo 02 Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun
Tahun Pelajaran 2009/2010
No  Nilai  Frekwensi  % Frekwensi
Kategori
Motivasi
1  10  0  0.00%  Sangat Tinggi
2  9  1  4.16%  Tinggi
3  8  3  12.5%  Cukup Tinggi
4  7  9  37.5%  Sedang
5  6  10  25. %  Cukup
6  9  1  4.16%  Kurang
Total  24  100%
38
Dari  frekwensi  data  tersebut  diketahui  kategori  kurang
dalam  prestasi  belajar  adalah  nilai  5  dengan  frekuensi  1  dan
prosentase  4.17%,  kategori  nilai  sedang  adalah  nilai  6  dengan
frekuensi  12  dan  prosentase  50.00%,  sedangkan  kategori  hasil
belajar  sukup  adalah  nilai  7  dengan  frekuensi  7  dan  prosentase
29.17%,  nilai  cukup  baik  adalah  8  dengan  frekuensi  4  dan
prosentase 16.67%, nilai sangat baik adalah 10 dengan frekuensi 0
dan prosenntase 0%.
Berdasarkan  pada  kegiatan  siklus  I  tersebut,  peneliti
melakukan refleksi dari hasil kegiatan tersebut. Berdasarkan pada
observasi  pada  siklus  I  didapatkan  temuan  sebagai  berikut:  (1)
terlihat ada peningkatan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan
belajar mengajar dibandingkan dengan kegiatan  belajar mengajar
sebelumnya  (menggunakan  strategi  tradisional),  (2)  beberapa
siswa  cepat  dalam  mempelajari  materi  yang  disampaikan  oleh
guru,  (3)  beberapa  siswa  sudah  ada  keberanian  dalam
menyampaikan pendapat, dan (4) kegiatan diskusi sudah terkesan
hidup  dan  berjalan,  tetapi  masih  didominasi  oleh  siswa  yang
pandai.
Selanjutnya  untuk  membuktikan  keefektifan  penggunaan
pembelajaran berbasis  aktivitas dalam kegiatan  belajar mengajar,
selanjutnya strategi pembelajaran ini ditindaklanjuti pada kegiatan
siklus berikutnya.
39
Berdasarkan  data  pengamatan  dan  observasi  peneliti
selama kegiatan penelitian tindakan, dapat diperoleh dan aktivitas
siswa dalam kegiatan belajar mengajar siswa dalam aktivitas siswa
dalam  kegiatan  belajar  dengan  pendekatan  berbasis  aktivitas
menunjukkan ada peningkatan dibandingkan dengan strategi yang
digunakan oleh guru sebelumnya. Hal ini dapat dilihat data yang
didapatkan  oleh  peneliti  dan  hasil  belajar  siswa  dalam  kegiatan
belajar  mengajar,  menunjukkan  motivasi  belajar  siswa  mulai
meningkat.
b.  Kegiatan Siklus 2
Kegiatan pada siklus 2, pada dasarnya sama dengan apa yang
dilakukan  oleh  peneliti  dalam  kegiatan  belajar  mengajar  yang
dilakukan  pada  siklus  I  ini,  yaitu  dilaksanakan  selama  dua  kali
pertemuan 2 x 40 menit. Adapun hasil dari kegiatan belajar mengajar
pada  kegiatan  siklus  2  ini,  secara  rinci  akan  dipaparkan  sebagai
berikut di bawah ini.
Tabel 4.3
Distribusi Hasil Belajar Secara Prosentase Dari Siswa Kelas II
SDN Sumberejo 02 Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun
Tahun Pelajaran 2009/2010
NO  NAMA SISWA
HASIL
BELAJAR
1  AMANDA ALDI  6
2  DEVI NOVITA SARI  7
3  FAJAR YUSU A.  7
40
4  MUHAMMAD YUDA P.  7
5  SITI BADRIYAH  6
6  AHMAD SARONI  6
7  ANDIKA DWI YANUARI  8
8  BAGUS SETYO N.  9
9  DESI FITRI CAHYANI  6
10  ERA SUBEKTI  7
11  FRIDA AMBARSARI  5
12  GHOFUR SURYA R.  8
13  NURSITA FERNANDO  6
14  PUTRA FEBRI A.  6
15  REZA WAHYU F.  6
16  RIFQAH BILQIS K.  7
17  TANTRI NAVELIA  7
18  WINDU PRIYAMBODO  7
19  YULIA AYU SAFITRI  6
20  YUSMITA INDRASTUTI  8
21  NOVITA PUTRI  6
22  VIVI LOVITA SAHRI  7
23  KONOKATUL AZIZAH  7
24  ALGI SUPYANDI  6
Data  tersebut  didistribusikan  berdasarkan  hasil  evaluasi
belajar  setiap  individu  setelah  melakukan  serangkaian  kegiatan
belajar mengajar dengan strategi pembelajaran berbasis  aktivitas.
Adapun data yang diperoleh sebagai berikut:
41
Tabel 4.4
Distribusi Hasil Belajar Secara Prosentase Dari Siswa Kelas II
SDN Sumberejo 02 Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun
Tahun Pelajaran 2009/2010
No  Nilai  Frekwensi  % Frekwensi
Kategori
Motivasi
1  10  1  4.17%  Sangat Tinggi
2  9  4  16.67%  Tinggi
3  8  10  41.17%  Cukup Tinggi
4  7  8  33.33%  Sedang
5  6  1  4.17. %  Cukup
6  5  0  0.00%  Kurang
Total  24  100%
dari  frekuensi  data  tersebut  diketahui  kategori  kurang  dalam
prestasi  belajar  adalah  nilai  5  dengan  frekuensi  0  dan  prosentase  0%,
kategori  nilai  sedang  adalah  nilai  6  dengan  frekuensi  1  dan  prosentase
4.17%, sedangkan kategori hasil belajar cukup adalah 7 dengan frekuensi
10 dan prosentase 33.33%, nilai cukup baik adalah 8  dengan frekuensi 10
dan  prosentase  41.17%,  nilai  baik  adalah  9  dengan  frekuensi  4  dengan
prosentase 4.17%, dan nilai sangat baik adalah 10 dengan frekuensi 1 dan
prosentase 4.17%.
Berdasarkan  pada  kegiatan  siklus  2  tersebut,  peneliti  melakukan
refleksi  dari  hasil  kegiatan  penelitian  sebagai  berikut:  (1)  terlihat  ada
peningkatan  motivasi  dalam  mengikuti  kegiatan  belajar  mengajar
dibandingkan  dengan  kegiatan  belajar  mengajar  sebelumnya
(menggunakan  strategi  tradisional),  (2)  beberapa  siswa  cepat  dalam
42
memperlajari  materi  yang  disampaikan  oleh  guru,  (3)  beberapa  siswa
sudah  ada  keberanian  dalam  menyampaikan  pendapat,  (4)  kegiatan
diskusi  sudah  terkesan  hidup  dan  berjalan,  tidak  lagi  didominasi  oleh
siswa yang pandai.
Berdasarkan  data  pengamatan  dan  observasi  peneliti  selama
kegiatan  penelitian  tindakan,  dapat  diperoleh  data  aktivitas  siswa  dalam
kegiatan  belajar  mengajar  siswa  dalam  kegiatan  belajar  dengan
pendekatan  berbasis  aktivitas  menunjukkan  ada  peningkatan
dibandingkan dengan strategi yang digunakan oleh  guru sebelumnya. Hal
ini  dapat  dilihat  data  yang
1
didapatkan  oleh  peneliti  dan  hasil  belajar
siswa mulai meningkat.
Berdasarkan  distribusi  peningkatan  keaktifan  siswa  dalam
mengikuti  kegiatan  belajar  tersebut  menunjukkan  hasil  belajar  yang
meliputi aktivitas, motivasi dan prestasi belajar siswa semakin meningkat
dengan  strategi  pembelajaran  berbasis  aktivitas.  Sebab  dengan
pembelajaran  berbasis  aktivitas,  semua  siswa  dapat  melakukan  aktivitas
dalam  kegiatan  belajar  secara  penuh  dalam  upaya  peningkatan  tujuan
pembelajaran yang optimal.
2.  Refeleksi
Refleksi adalah cara berfikir tentang apa yang baru dipelajari atau
berpikir  ke  belakang  tenatng  apa  yang  sudah  dilakukan  dimasa  lalu.
Refleksi merupakan  gambaran terhadap kegiatan atau pengetahuan  yang
baru sja diterima. Refleksi merupakan respon terhadap kejadian,  aktivitas
43
atau  pengetahuan  yang  baru  di  terima.  Refleksi  yang  dilakukan  oleh
peneliti  dan  praktisi  dalam  penelitian  ini  adalah  dengan  cara
mendiskusikan  hasil  kegiatan  yang  dilakukan  dalam  penelitian  ini.
Kegiatan  tersebut  meliputi:  (a)  analisis,  (b)  sintesis,  (c)  pemaknaan,  (d)
penjelasan, dan (e) penyimpun data dan informasi yang dikumpulkan.
Berdasarkan paparan data tersebut, maka dapat penelitian tindakan
ini dapat direfleksikan sebagai berikut: (a) strategi pemebelajaran dengan
menggunakan  pendekatan  pembelajaran  berbasis  aktivitas  mampu
membuat  siswa  dapat  melakukan  aktivitas  belajar  sesuai  dengan
kemampuannya,  sehingga  akan  berdampak  pada  hasil  belajarnya,
sehingga  didapatkan  belajar  yang  optimal,  (b)  strategi  pembelajaran
dengan  menggunakan  pendekatan  pembelajaran  berbasis  aktifitas
berdampak  positif  terhadap  upaya  peningkatan  motivasi  belajar  siswa
Kelas  II  SDN  Sumberejo  02  Kec.  Madiun  Kabupaten  Madiun  Tahun
Pelajaran  2009/2010  dalam  kegiatan  belajar  mengajar  mata  pelajaran
Pendidikan  Agama  Islam,  (c)  karena  penggunaan  strategi  pembelajaran
berbasis aktifitas dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa,
maka  otomatis,  pennggunaan  strategi  pembelajaran  ini,  akan  berdampak
positif  terhadap  prestasi  belajar  yang  diperoleh  siswa,  (d)  strategi
pembelajaran aktivitas ini dapat diaplikasikan ke dalam kegiatan belajar
mengajar  semua  bidang  studi,  dan  (e)  namun  yang  perlu  dicatat,  bahwa
penggunaan strategi belajar, harus disesuaikan dengan situasi  dan kondisi
siswa, baik itu lingkungan, maupun kemampuan masing-masing individu.
44
B.  Pembahasan
Implementasi strategi pembelajaran berbasis aktivitas yang digunakan
dalam  kegiatan  belajar  mengajar  siswa  Kelas  II  SDN  Sumberejo  02  Kec.
Madiun Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2009/2010, ternyata lebih afaktif
dalam  meningkatkan  dan  memumbuhkan  aktivitas,  motivasi  dan  prestasi
belajar  siswa.  Beberapa  alas  an  penggunaan  strategi  pembelajaran  berbasis
aktivitas  dalam  kegiatan  belajar  dengan  pendekatan  berbasis  aktivitas
digunakan dalam pengajaran di SD Negeri Sumberejo 02 Kecamatan Madiun
Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2009/2010 dimaksud untuk :
1.  Meningkatan Motivas Belajar Siswa
Ada  dua  prinsip  cara  memandang  motivasi,  (1)  motivasi
dipandang sebagai proses, dan (2) menentukan karakter proses ini dengan
melihat petunjuk-petunjuk dari tingkah lakunya. Dari beberapa pendapat
tersebut,  dapat  disimpulkan  bahwa  motivasi  merupakan  dorongan  yang
dating  dari  dalam  pribadi  seseorang  (instrinsik)  ataupun  dating  dari  luar
pribadi  (ekstrinsik)  untuk  mencapai  tujuan  sesuai  dengan  keinginan
pribadinya. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran berbasis aktivitas
mulai  nampak  ditunjukkan  siswa  dalam  mengikuti  kegitan  belajar.
Berdasarkan  pengamatan  peneliti,  beberapa  siswa  mulai  antusias  dalam
mengikuti  kegiatan  belajar  mengajar  yang  disampaikan  oleh  guru.
Pendekatan  pembelajaran  aktivitas  diharapkan  hasil  belajar  siswa
45
mengalami peningkatan yang bebrarti, sebab dalam proses belajar sesuai
dengan kemampuan. Sehingga hal tersebut lebih membuat siswa menjadi
termotivasi dalam belajar. Selama ini pendekatan yang digunakan dalam
belajar hanya konvensional saja.
Temuan  tersebut,  senada  dengan  apa  yang  dikemukakan  oleh
Hamalik (2002), yang menyebutkan bahwa siswa lebih senang belajar jika
mengambil  bagian  yang  aktif  berarti  siswa  mengerjakan  sendiri,
beraktivitas,  bukan  mendengarkan  ceramah  atau  mencatat.  Pengajaran
hendaknya disesuaikan dengan prinsip sebagai berikut: (1) usahakan agar
siswa  sebannyak  mungkin  menjawab  pertanyaan-pertanyaan  atau
memberikan  respon  terhadap  pertanyaan  guru,  sedangkan  siswa  lainnya
menulis  jawaban  dan  menanggapi  lisan,  (2)  mintalah  agar  siswa
menyusun dan menata kembali informasi yang diperolehnya dari bacaan,
dan  (3)  sediakan  laboratorium  dan  situasi  praktek  lapangan  berdasarkan
tujuan pengajaran yang dirumuskan sebelumnya.
Dan  pendapat  tersebut  di  atas  menunjukkan  bahwa  pendekatan
pembelajaran berbasis aktivitas merupakan strategi  yang memungkinkan
untuk membuat siswa aktif dalam belajar dapat diperoleh secara optimal.
46
2.  Meningkatkan Prestasi Siswa
Berkaitan dengan usaha meningkatkan prestasi belajar, belajar
Akan  lebih  mudah  dan  dapat  disakan  bila  belajar  tersebut  mengetahui
hasil  yang  diperoleh.  Kalau  belajar  berarti  perubahan-perubahan  yang
terjadi  pada individu, maka perubahan-perubahan itu harus dapat diamati
dan  dinilai.  Hasil  dari  pengamatan  dan  penilaian  inilah  umumnya
diwuhudkan dalam bentuk prestasi belajar. Dalam penelitian tindakan ini,
yang  dimaksudkan  dengan  prestasi  belajar  adalah  hasil  belajar  yang
dicapai  dalam  bentuk  angka  atau  nilai  pada  mata  pelajaran  Pendidikan
Agama Islam siswa. Semakin tinggi nilai yang dihasilkan, maka semakin
baik prestasi belajar yang didapatkan.
3. Inovasi dalam Strategi Pengajaran
Melakukan inovasi dalam menggunakan strategi belajar merupakan syarat
mutlak  yang  harus  dilakukan  oleh  guru.  Strategi  pembelajaran  berbasis
aktivitas  adalah  sebagian  dari  strategi  yag  ditawarkan  dalam  proses
belajar mengajar, (a) meningkatkan kreativitas siswa dalam memecahkan
masalah.  Banyak  ahli  yang  mendeskrpsikan  kreativitas  sebagai  berpikir
kratif  atau  pemecahan  masalah,  (b)  berpikir  kreatif  sebagai  proses
penyadaran  (sensing)  adanya  gap,  gangguan  atau  unsure-unsur  yang
keliru  (perkeliruan),  pembentukan  gagasan-gagasan  atau  hipotesis,
pengujian  kembali  atau  perbaikan  hipotesis,  pengkomunikasian  hasilhasil, mungkin juga pengujian kembali atau perbaikan hipotesis, dan (c)
kreativitas  merupakan  bentuk  pemecahan  masalah  yang  melibatkan
47
Intuitive  leaps,  atau  suatu  kombinasi  gagasan-gagasan  yang  bersumber
dari berbagai bidang pengetahuan yang terpisah secara luas.
Pandangan  tersebut  pada  dasarnya  sependapat  bahwa  kreativitas
merupakan suatu bentuk dan proses pemecahan suatu masalah. Para siswa
dibimbing agar memiliki kemampuan memecahkan masalah. Karena itu,
melalui  proses  belajar  tertentu,  diupayakan  tercapainya  tujuan-tujuan
tersebut.  Guru  perlu  menyediakan  kondisi-kondisi  belajar  yang
memungkinkan  terjadinya  penambahan  aspek  keluwesan,  keaslian,  dan
kuantitas  dari  abilite  kreativitas  yang  dimiliki  oleh  siswa.  Strategi
pembelajaran  berbasis  aktivitas  merupakan  salah  satu  usaha  dalam
pencapaian tujuan pembelajaran.
3.  Dampak  pendekatan  berbasis  aktivitas  terhadap  motivasi  belajar
siswa Kelas II SDN Sumberejo 02 Kec. Madiun Kabupaten Madiun
Tahun Pelajaran 2009/2010
Damapk  positif,  dampak  positif  yang  didapatkan  dari  strategi
pembelajaran berbasis aktivitas adalahh: (1) siswa lebih termotivasi dalam
belajar, (2) sisa lebih kreatif, (3) siswa lebih berani mengemukakan dan
menjawab pertanyaan-pertanyaan, (4) siswa lebih bertanggungjawab, dan
(5)  prestasi  belajar  lebih  meningkat.  Disisi  lain  dampak  positif  dari
strategi  pembelajaran  berbasis  aktivitas  ini  adalah  guru  akan  lebih
meningkatkan  kreativitasnya  melakukan  strategi  pembelajaran  yang
disampaikan kepada siswa, sehingga kemampuan guru akan terampil dan
48
berkembang lebih baik.
Dampak  Negatif.  Dampak  negatifya  adalah  siswa  yang  tidak
memiliki kreativitas dan kemampuan rendah akan selalu tertinggal
dalam proses belajarnya. Disisi lain siswa  yang lebih kreatif dan
mempunyai  kemampuan  lebih  akan  merasa  baik  dibandingkan
dengan siswa dibawahnya.
49
BAB V
PENUTUP
Dalam  bab  ini  diuraikan:  (a)  kesimpulan,  dan  9b)  saran-saran
berdasarkan  pada  penelitian  dengan  judul  “Meningkatkan  Motivasi
Belajar Pendidikan Agama Islam pokok Bahasan Berperlaku rendah hati
dalam  Kehidupan  Sehari-hari  dengan  Metode  Pendekatan  Berbasis
Aktivitas  Terhadap  Siswa  Kelas  II  SDN  Sumberejo  02  Kec.  Madiun.
Adapun penjabarannya sebagai berikut :
A.  Kesimpulan
Berdasarkan  pada  pembahasan  kegiatan  pendidikan  tindakan
yang telah silakukan oleh peneliti, maka dapat dirumuskan beberapa
kesimpulan, diantaranya:
1.  Strategi  pembelajaran  dengan  Pendekatan  Pengajaran  Berbasis
Aktivitas  Dalam  Pembelajaran  Pendidikan  Agama  Islam  Siswa
Kelas  II  SDN  Sumberejo  02  Kec.  Madiun  Kabupaten  Madiun
Tahun  Pelajaran  2009/2010  diupayakan  dapat  meningkatkan
motivasi,  prestasi,  kreatifitas,  dan  pemecahan  masalah  dalam
belajar.
2.  Strategi  pembelajaran  berbasis  aktifitas  merupakan  salah  satu
komponan  Contetekstual  Teaching  and  Learning  (CTL),  strategi
ini dapat dilakukan pada semua mata pelajaran.
3.  Straftegi  pembelajaran  dengan  menggunakan  strategi
pembelajaran berbasis aktifitas dimungkinkan dapat meningkatkan
50
motivasi belajar siswa Kelas II SDN  Sumberejo 02 Kec. Madiun
Kabupaten  Madiun  Tahun  Pelajaran  2009/2010  pada  mata
pelajaran  Pendidikan  Agama  Islam  pokok  bahasan  Bertatakrama
dalam Kehidupan Sehari-hari.
B.  Saran-saran
Berdasarkan  kesimpulan  yang  tersebut,  maka  dapat
dirumuskan  saran-saran  sebagai  berikut:  (1)  Kepada  guru  mata
pelajaran  Pendidikan  Agama  Islam  agar  mempertimbangkan
pemberian  materi  pembelajaran  dengan  mengenalkan  kepada  siswa
dengan menggunakan berbagai macam strategi. Salah satunya adalah
strategi  pembelajaran  berbasis  aktivitas,  (2)  Kepada  guru  yang
mengajarkan  mata  Pelajaran  Pendidikan  Agama  Islam,  hendaknya
selalu  mempunyai  kreativitas  dalam  menggunakan  strategi  belajar
yang diberikan kepada siswa, dan (3) Strategi pembelajaran berbasis
aktivitas  bukan  satu-satunya  strategi  yang  harus  digunakan  dalam
proses belajar mengajar. Artunya guru perlu mengembangkan strategi
belajar  dengan  teknik  lain  agar  proses  belajar  siswa  lebih  vareatif.
Dengan  meningkatkan  hasil  siswa  dalam  kegiatan  belajar,  maka
diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar secara optimal.
51
DAFTAR PUSTAKA
Bafadal,. 1994.  Proses  Perubahan di Sekolah. Disertasi Tidak Dipublikasikan
Program Pascasarjana IKIP Malang.
Bogdan,R.C., 8s Biklen, S. K. 1982. Qualitative Research inEducation.  Boston:
Allyn & Bacon
Guba, E. G., &. Lincoln, Y.S 1981  Effective Evaluation. San Fransisco: JosseyBass Publishers.
Hamalik, O.2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik; O, 2002.  Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Sistem. Jakarta: PT
Bumi  Aksara  Miles,  M.  B,  8s  Hubermen,  A.M.1984.  Analisis  Data
Qualitatif  Terjemahan  oleh  Tjetjep  Rohendi  Rohidi.  Universitas
Indonesia, Jakarta.
Moleong,  L.  J.  1995.  Metodologi  Penelitian  Kualitatif.  Bandung:  PT.  remaja
Rosdakarya.
Moleong,  L.  J.  1995.  Metodologi  Penelitian  Kualitatif.  Bandung:  PT.  remaja
Rosdakarya.
Nasution,  S.  1988.  Metode  Penelitian  Naturalistik  Kualitatif.  Bandung  :
Penerbit Tarsito
Nurhadi, 2002. Pendekatan Kontekstual. Malang: Universitas Negeri Malang
Nurhadi,  8s  Senduk,  G.,  A.,  2003.  Pembelajaran  Kontekstual  dan
Penerapannyadalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Spradley, J., P. 1980.  Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and
Winston
Suparno, p., Rohandi, R., Sukadi, G., Kartono, S. 2001.  Reformasi Pendidikan
Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Usman, Uzer, M. 2002.  Menjadi Guru Profesional. Edisi kedua. Cet,akkan ke
empat belas. Bandung : PT Remaia Rosdakarya.
Zuriah,  N.  2003.  Penelitian  Tindakan  dalam  Bidang  Pendidikan  dan  Sosial.
Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing.
52
Sonie Elbalarjani Muta'alim, Mahasiswa, Santri

0 Response to "Contoh Penelitian PTK PAI -SD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel