KUMPULAN TUGAS LAPORAN PENGAMATAN LAPORAN WAWANCARA MENGKRITISI SKRIPSI
Thursday, August 27, 2015
Add Comment
KUMPULAN
TUGAS
LAPORAN PENGAMATAN
LAPORAN WAWANCARA
MENGKRITISI SKRIPSI
Disusun guna memenuhi Tugas Metode Penelitian Bahasa
II
Yang Diampu Oleh Dr.Abdul Munif,M.Ag.
Soni Agus Setiawan 11420098
PENDIDIKAN
BAHASA ARAB
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
2013
Tugas
I : Pengamatan
CATATAN
LAPANGAN (FIELDNOTE)
Objek
Pengamatan: Pengaruh faktor umur guru
terhadap rasa hormat murid.
Hari
Tanggal : 27 Juni 2013
Jam : 09.00 WIB
Jenis
pengamatan : (terlibat)
Alasan
pemilihan objek pengamatan:
“
Pengamatan ini menurut saya
sangat penting dilakukan karena berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran
dan tercapainya tujuan yang diinginkan”
|
A.
Deskripsi pengamatan
·
Pembelajaran
dimulai pada jam 04.45 WIB
·
Ketika pembelajaran
kajian kitab dimulai para santri diharapkan untuk membaca salah satu surah
dalam al-Qur’an
·
Ada santri yang malas
dan menunda-nunda untuk membaca , ada murid yang keluar dan mencari
kegiatan-kegiatan sehingga terlambat
·
Ketika membaca
al-Qur’an sudah dimulai , tiba-tiba seorang guru muda menyuruh para murid
untuk menghentikan bacaan dan memulai membaca do’a belajar (karena memang
do’a tidak langsung dibaca ketika pembelajaran dimulai)
·
Ada sebagian murid
yang segera berhenti dan patuh terhadap perintah guru.
·
Ada sebagian murid
yang merasa kesal dengan alasan karena disuruh segera berhenti saat kegiatan
membaca masih berlanjut. Sehingga menunjukkan tindakan seperti rasa marah.
·
Ketika pembelajaran
inti sudah dimulai , terdapat sebagian
siswa yang merasa malas, tidur-tiduran, bosan dsb. Seperti tidak mempunyai
rasa hormat terhadap gurunya. Tetapi ada juga sebagian murid yang antusias
dan semangat dalam belajar
·
Murid yang malas dan
bosan karena pelajaran yang diajarkan hanya itu saja dan belum ada peningkatan, padahal para murid
sudah merasa sangat butuh dengan pelajaran lain. Melihat karena mereka sudah
mulai dewasa dan sudah akan terjun di masyarakat. Jika pelajarannya
diulang-ulang saja maka mereka berpikir akan minimnya pengetahuan terhadap
pengetahuan yang lain.
·
Selain
itu juga seorang guru terkesan suka memberi perintah seperti ini, seperti
itu. Sehingga ada sebagian dari murid yang merasa tidak selayak seorang guru
seperti itu Karena masih dalam umur yang sama.
B.
Komentar Pengamat
·
Berdasarkan
pengamatan yang saya lakukan, saya menyimpulkan bahwa pembelajaran yang
dilakukan oleh seorang guru yang masih dalam umur yang sama akan berpengaruh
terhadap sebagian murid dan berkaitan dengan rasa hormat mereka, sehingga apa
yang diperintahkan oleh seorang guru terkesan seperti teman sendiri. Dan
egoisitas para murid mudah terpacu. Hal ini mengakibatkan pembelajaran yang
tidak dilakukan dengan teknik tertentu akan berpengaruh terhadap kegitan
pembelajaran.
|
a.
Lampirkan foto-foto
yang menunjukkan objek yang diamati.
Tugas II : Wawancara
TRANSKRIP
WAWANCARA
Narasumber : Slamet Riyadi Effendi
Hari
Tanggal : Sabtu, 30 Juni 2013
Jam : 20.00 WIB
Tema
wawancara :
Pelajar Nonfiksi Ahli Dalam Karya Fiksi
Alasan
pemilihan narasumber:
Saya selaku pewawancara memilih narasumber karena
narasumber merupakan seorang yang ahli dalam penulisan karya-karya fiksi,
padahal sepengetahuan saya narasumber merupakan pelajaran matematika yang
sifatnya non-fiksi berupa hal-hal yang pasti dan nyata. Narasumber dalam
kesehariannya berkecimpung dalam angka-angka perhitungan. Selain itu
narasumber memang merupakan seseorang yang saya kenal, jadi akan mempermudah
dalam mendapatkan informasi darinya.
Alasan
pemilihan tema wawancara:
Saya
memilih tema ini karena menurut saya tema ini menarik untuk dikupas, karena
jarang seseorang yang bekecimpung dalam dunia non-fiksi bisa menjadi begitu
ahli dalam dunia fiksi. Dan jika
dilihat dari sifat keduanya terlihat bersebalahan atau berlawanan.
|
Hasil Wawancara
Peneliti
|
:
|
Assalamu’alaikum
|
Narasumber
|
:
|
Wa’alaikumusalam wr wb.
|
Peneliti
|
:
|
Bagaimana kabar nya ?
|
Narasumber
|
:
|
Alhamdulilah baik , dan anda bagaimana
kabarnya?
|
Peneliti
|
:
|
Alhamdulliah baik juga mas , Boleh
minta waktunya sebentar mas?
|
Narasumber
|
:
|
Oh silahkan senang hati…
|
Peneliti
|
:
|
Oh ya langsung saja, saya adalah
mahasiswa dari UIN ingin mengajukan beberapa pertanyaan kepada anda seputar
dunia fiksi yang anda geluti sekarang. Tapi sebelumnya ,Boleh tahu nama
lengkapnya?
|
Narasumber
|
:
|
Nama lengkap saya Slamet Riadi Efendi.
|
Peneliti
|
:
|
Dan dimana tempat tinggal anda
sekarang ?
|
Narasumber
|
:
|
Alhamdulillah saya sekarang tinggal di
sebuah asrama UICCI cabang yogyakarta
|
Peneliti
|
:
|
Sekarang masih kuliah di mana dan jurusannya ?
|
Narasumber
|
:
|
Sekarang kuliah di UIN Sunan Kalijaga
Fakultas sains dan teknologi jurusan matematika
|
Peneliti
|
:
|
Oh di UIN juga ya mas, sekarang
semester berapa ?
|
Narasumber
|
:
|
Alhamdulillah sekarang semester 6 ,
mau semester 7..
|
Peneliti
|
:
|
Lantas kalau anda mengambil jurusan
matematika murni yang bersifat non-fiksi tetapi kenapa anda malah
berkecimpung dalam dunia fiksi, apakah yang menjadi latar belakang anda.
|
Narasumber
|
:
|
Alasan saya begini,, dalam hidup kita
alangkah lebih baiknya untuk tidak melingkari gerak dan pemikiran kita.
Seperti halnya meski jurusan saya adalah matematika , akan tetapi ,bukan
berarti bidang yang lain adalah hal yang tak semestinya saya geluti. Karena
dengan matematika saya bias berfikir realistis dan dengan sastra saya bias mengasah
jiwa saya untuk peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di sekitar saya.
|
Peneliti
|
:
|
Sudah berapa lama anda berkecimpung
dalam dunia menulis ini?
|
Narasumber
|
:
|
Cukup lama… sejak 2 SMP
|
Peneliti
|
:
|
Wah mantap mas. Terus Ada berapa karya
yang telah anda buat?
|
Narasumber
|
:
|
Alhamdulillah untuk novel ada 2,
judulnya untuk yang pertama ; balada di atas bumi cinta , yang kedua mushaf
cinta yang terbakar . dan sekarang lagi dalam proses penggarapan novel yang
ketiga.
|
Peneliti
|
:
|
Sebenarnya cita-cita anda apakah
memang ingin menjadi penulis ya?
|
Narasumber
|
:
|
Sejatinya Cita-cita saya ingin menjadi
penulis berkaliber internasional, namun bukan berarti saya menafikan
matematika yang merupakan bidang studi yang saya geluti saat ini.
|
Peneliti
|
:
|
Adakah seseorang yang menjadi
motivator bagi anda?
|
Narasumber
|
:
|
Ada, adik saya
|
Peneliti
|
:
|
Lho kok adiknya mas, memangnya kenapa?
|
Narasumber
|
:
|
Ya karena sesuatu yang tidak bisa saya
ungkapkan,, alias rahasia .. hehe J
|
Peneliti
|
:
|
Selain dunia fiksi yang anda geluti ,
masih adakah dunia lain yang anda geluti sekarang?
|
Narasumber
|
:
|
Kebetulan untuk sementara waktu belum
ada, karena masih sibuk dengan program pesantren UICCI.
|
Peneliti
|
:
|
Apa harapan anda ke depan , apakah ada
prospek yang ingin anda lakukan?
|
Narasumber
|
:
|
Ada,, pertama saya ingin ke Prancis
dengan novel saya dan saya berharap kelak bisa memberangkatkan kedua orang
tua ke baitullah juga dengan novel saya.
|
Peneliti
|
:
|
Mungkin ada motto yang anda pegang
saat ini ?
|
Narasumber
|
:
|
Iya ada.. yaitu “ jika usiamu tak
sepanjang masa , maka sambunglah dengan karya”
|
Peneliti
|
:
|
Ya menurut saya cukup sampai disini
saja, sebenarnya masih banyak tentunya yang belum saya
ketahui dari anda, terima kasih banyak atas waktu dan kesempatannya.
|
Narasumber
|
:
|
Sama-sama ,,,,
|
Peneliti
|
:
|
Sekali lagi terima kasih dan mohon
maaf kalau ada tutur kata yang kurang berkenan .oh ya mas. Sampai bertemu
lagi. Wassalamu’alaikum.
|
Narasumber
|
:
|
wa’alaikumussalam wr wb…
|
a.
Lampirkan foto-foto
saat melakukan wawancara.
Kesimpulan :
Dari
wawancara yang saya lakukan , saya dapat menyimpulkan bahwa seseorang yang
belajar dalam bidang non-fiksi tidaklah terbatas ruang untuk bisa menggeluti
dunia fiksi. Bila ada kemauan maka ada
jalan, walaupun seseorang yang notabene selalu berkecimpung dalam hal-hal yang
realistis, dia pun bisa memasuki dunia imaginasi. Bahkan tidak jarang orang
yang pandai dalam bidang non-fiksi dia juga pandai dalam bidang fiksi. Selain
itu , hal yang paling saya sukai dari mottonya yaitu : jika usiamu tak
sepanjang masa, maka sambunglah dengan karya”. Inilah selogan yang patut
diterapkan dalam kehidupan kita. Karena dengan karya kita memang seakan-akan
selalu hidup selama karya itu masih tetap ada dan apalagi jika bermanfaat bagi
yang lain.
Tugas
III
: Mengkritisi Skripsi
Judul Skripsi:
UPAYA
MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII B MTS AL
WATHONIYAH SEMARANG
TAHUN 2013
Disusun Oleh : Agil Indrayanto
NIM : 09420096
(Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan
Keguruan Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga)
1.
Latar Belakang Masalah
Dalam latar belakang yang dipaparkan
oleh penulis menurut saya sudah baik, karena di dalamnya telah dituliskan oleh
penulis berupa sejumlah hal yang menyinggung judul skripsi dan juga terdapat sejumlah
teori yang dibarengi dengan fakta-fakta teoritik maupun empirik sehingga
menjadikan skripsi ini terkesan ilmiah. Namun dari latar belakang yang
dipaparkan, menurut saya masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam
penulisan latar belakang masalah, yang perlu dicantumkan, yaitu perlu
mencantumkan mengapa penelitian ini penting untuk diteliti, hal ini penting
karena berhubungan dengan tindakan yang akan dilakukan oleh penulis. Jika tidak
ada hal yang menarik atau penting untuk diteliti, maka penelitian yang dilakukan
hanya akan terkesan stagnan, tanpa rasa dan sia-sia karena tidak adanya manfaat
untuk mengadakan penelitian tersebut. Selain itu hal yang berhubungan dengan
obyek yang akan diteliti berada di alenia yang jauh, masih terlalu melebar,
sehingga apabila ada yang ingin membaca skripsi ini, pembaca harus membaca
hingga hampir akhir tulisan latar belakang baru pembaca paham akan maksud dari
penulis. menurut saya dalam penulisan latar belakang masalah skripsi harus jelas
dan inti dari dilakukannya penelitian dapat dipahami sebelum sampai akhir
penulisan latar belakang.
2.
Rumusan Masalah
Penulisan perumusan masalah skripsi yang
ditulis menurut saya sudah baik karena mengajukan dua rumusan masalah untuk
diteliti karena telah dibuat dalam bentuk pertanyaan yang tepat dan pada
pertanyaan ketiga, tempat penelitian sudah jelas terbukti dengan menuliskan “MTs
Al-Wathoniyah Semarang”. Namun untuk pertanyaan yang pertama dan kedua masih terkesan dalam ranah yang sama.
3.
Tujuan dan Kegunaan
Penelitian
Tujuan yang dipaparkan oleh penulis telah
tepat karena langsung terkait dengan masalah pada rumusan masalah. begitu juga
dengan kegunaan penelitian juga sudah baik karena langsung tertuju pada manfaat
yang diperoleh seteleh melakukan penelitian. Selain itu juga terdapat manfaat yang akan diperoleh untuk pembaca, baik
untuk penulis sendiri maupun untuk MTs Al Wathoniyah Semarang. Namun
menurut saya, masih ada beberapa hal
seperti
yang saya terangkan pada rumusan masalah di atas, yaitu untuk tujuan atau
keguaan pada point pertama dan kedua masih terlihat pada ranah yang sama.
4.
Tinjaun Pustaka
Tinjaun pustaka yang ditulis oleh agil
Indrayanto dalam skripsi ini sudah bagus karena dari tiga tema skripsi sebelumnya telah
relevan dan ada keterkaitan dengan tema skripsi ini yaitu mengangkat media buku
dalam kefektifitasan pembelajaran siswa, yaitu berupa upaya-upaya atau usaha
yang dilakukan oleh guru yang kaitannya dengan aktivitas pembelajaran yang
dilakukan terhadap peserta didik. Selain itu,
disertai
dengan penjelasan singkat skripsi yang dijadikan tinjauan pustaka, sehingga seakan menerangkan mengapa
penulis memilih tiga tema skripsi tersebut.
5.
Kerangka Teori
Dalam Skripsi ini terdapat 18 halaman
yang mengulas kerangka teori yang dipaparkan oleh Agil Indrayanto menurut saya sudah
bagus. Di dalam penulisan kerangka teori ini terdapat sejumlah teori yang
digunakan sebagai landasan dalam penelitian. Dimana dalam pemaparannya yang
jelas disertai dengan manfaat atau apa yang akan didapat oleh pembaca. Selain
itu juga teori ini diambil dari para ilmuan yang memang ahli dalam bidangnya. Sehingga
kemungkinan keberhasilan dan kemanfaatannya akan tinggi. Namun yang saya teliti
masih ada beberapa istilah teori atau medote yang kurang ditekankan, sehingga
membingungkan bagi pembaca mana yang termasuk istilah, pembagian dan
sebagainya. Menurut saya perlu diperjelas atau ditekankan. Bisa menggunakan
pertama, kedua, ketiga dan seterusnya atau diberi angka/huruf agar bisa
membedakan mana yang menjadi istilah dan mana yang tidak menjadi istilah.
6.
Metode Penelitian
a.
Jenis penelitian
Menurut saya Dalam penulisan
metode penelitian skripsi ini baik karena
didalamnya telah sesuai dengan
penelitian yang hendak dilakukan yaitu berupa penelitian lapangan yang
bermaksud untuk memperlajari secara intensif dan dengan model kualitatif.
b.
Sumber data
Data yang dijadikan sumber oleh penulis sudah tepat
dan sesuai.
c.
Teknik
Pengumpulan Data
Teknik yang dilakukan oleh Agil Indrayanto untuk
pengumpulan data menurut saya sudah tepat. Yaitu berupa observasi, Wawancara,
Dokumentasi dan Analisis Data.
d.
Teknik Analisis
Data
Teknik analisis data yang dilakukan telah sesuai dan
tepat.
7.
Hasil
Penelitian
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti
telah membuahkan hasil yang memuaskan. Peneliti juga memaparkan aspek-aspek
yang telah terjadi peningkatan disertai dengan beberapa penjelasan singkat.
Selain itu juga penulis juga memaparkan apa saja yang menjadi faktor penghambat
keaktifan belajar siswa Penjelasan yang jelas, bahasa yang lugas merupakan hal
yang penting agar pembaca mengetahui secara benar seluk beluk kelas yang telah
diteliti. Jadi dari hal tersebut menurut saya hasil yang sudah dipaparkan oleh
penulis telah baik.
8.
Relevansi Kesimpulan
dengan Rumusan Masalah
Dalam kesimpulan dan
rumusan masalah yang sudah dipaparkan oleh peneliti Secara umum sudah relevan,
karena dalam kesimpulan juga dibahas hal-hal yang berhubungan dengan rumusan
masalah yaitu mengenai upaya guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa
MTs Al Wathoniyah Semarang. Dan dari pertanyaan yang dipaparkan dalam rumusan masalah sudah disebut dan jelaskan
oleh peneliti.
9.
Teknik Penulisan
Skripsi
Skripsi
yang disusun menjadi empat bab dengan rincian sebagai berikut :
Bab I , berisi pendahuluan. Bab pendahuluan ini
membahas latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan kegunaan
penelitian, kajian pustaka, landasan teori, metodologi penelitian, sistematika
pembahasan
Bab II,
berisi gambaran umum MTs Al Wathoniyah Semarang. Gambaran Umum MTs Al
Wathoniyah Semarang diantaranya tentang letak geografis, sejarah berdiri dan
perkembangannya, dasar dan tujuan berdirinya, struktur organisasi, keadaan
guru, keadaan siswa, serta sarana prasarana MTs Al Wathoniyah Semarang.
Bab III,
berisi tentang laporan hasil penelitian yang meliputi penyajian data, analisis
data dan pembahasan hasil penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran bahasa
Arab di MTs Al Wathoniyah Tlogosari Semarang, upaya guru bahasa Arab dalam
meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran bahasa Arab di MTs Al
Wathoniyah Semarang, dan faktor penghambat keaktifan belajar siswa.
Bab IV,
berisi kesimpulan, saran-saran dan kata penutup. Serta bagian terakhir dari
skripsi ini adalah daftar pustaka dan lampiran-lampiran.
|
___________________________ JJJJJJJJ____________________________
0 Response to "KUMPULAN TUGAS LAPORAN PENGAMATAN LAPORAN WAWANCARA MENGKRITISI SKRIPSI"
Post a Comment