KUMPULAN TUGAS LAPORAN PENGAMATAN LAPORAN WAWANCARA MENGKRITISI SKRIPSI

KUMPULAN TUGAS
LAPORAN PENGAMATAN
LAPORAN WAWANCARA
MENGKRITISI SKRIPSI
Disusun guna memenuhi Tugas Metode Penelitian Bahasa II
Yang Diampu Oleh Dr.Abdul Munif,M.Ag.





Soni Agus Setiawan 11420098


PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
2013
Tugas I : Pengamatan

CATATAN LAPANGAN (FIELDNOTE)
Objek Pengamatan: Pengaruh faktor umur guru terhadap rasa hormat murid.
Hari Tanggal         : 27 Juni 2013
Jam                     : 09.00 WIB
Jenis pengamatan  : (terlibat)
Alasan pemilihan objek pengamatan:
“ Pengamatan ini menurut saya sangat penting dilakukan karena berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran dan tercapainya tujuan yang diinginkan”
A.    Deskripsi pengamatan
·         Pembelajaran dimulai pada jam 04.45 WIB
·         Ketika pembelajaran kajian kitab dimulai para santri diharapkan untuk membaca salah satu surah dalam al-Qur’an
·         Ada santri yang malas dan menunda-nunda untuk membaca , ada murid yang keluar dan mencari kegiatan-kegiatan  sehingga terlambat
·         Ketika membaca al-Qur’an sudah dimulai , tiba-tiba seorang guru muda menyuruh para murid untuk menghentikan bacaan dan memulai membaca do’a belajar (karena memang do’a tidak langsung dibaca ketika pembelajaran dimulai)
·         Ada sebagian murid yang segera berhenti dan patuh terhadap perintah guru.
·         Ada sebagian murid yang merasa kesal dengan alasan karena disuruh segera berhenti saat kegiatan membaca masih berlanjut. Sehingga menunjukkan tindakan seperti rasa marah.
·         Ketika pembelajaran inti sudah dimulai  , terdapat sebagian siswa yang merasa malas, tidur-tiduran, bosan dsb. Seperti tidak mempunyai rasa hormat terhadap gurunya. Tetapi ada juga sebagian murid yang antusias dan semangat dalam belajar
·         Murid yang malas dan bosan karena pelajaran yang diajarkan hanya itu saja dan belum ada peningkatan, padahal para murid sudah merasa sangat butuh dengan pelajaran lain. Melihat karena mereka sudah mulai dewasa dan sudah akan terjun di masyarakat. Jika pelajarannya diulang-ulang saja maka mereka berpikir akan minimnya pengetahuan terhadap pengetahuan yang lain.
·         Selain itu juga seorang guru terkesan suka memberi perintah seperti ini, seperti itu. Sehingga ada sebagian dari murid yang merasa tidak selayak seorang guru seperti itu Karena masih dalam umur yang sama.
B.     Komentar Pengamat
·         Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan, saya menyimpulkan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru yang masih dalam umur yang sama akan berpengaruh terhadap sebagian murid dan berkaitan dengan rasa hormat mereka, sehingga apa yang diperintahkan oleh seorang guru terkesan seperti teman sendiri. Dan egoisitas para murid mudah terpacu. Hal ini mengakibatkan pembelajaran yang tidak dilakukan dengan teknik tertentu akan berpengaruh terhadap kegitan pembelajaran.

a.       Lampirkan foto-foto yang menunjukkan objek yang diamati.


Tugas II : Wawancara
TRANSKRIP WAWANCARA
Narasumber          : Slamet Riyadi Effendi
Hari Tanggal         : Sabtu, 30 Juni 2013
Jam                      : 20.00 WIB
Tema wawancara    : Pelajar Nonfiksi Ahli Dalam Karya Fiksi

Alasan pemilihan narasumber:
Saya selaku pewawancara memilih narasumber karena narasumber merupakan seorang yang ahli dalam penulisan karya-karya fiksi, padahal sepengetahuan saya narasumber merupakan pelajaran matematika yang sifatnya non-fiksi berupa hal-hal yang pasti dan nyata. Narasumber dalam kesehariannya berkecimpung dalam angka-angka perhitungan. Selain itu narasumber memang merupakan seseorang yang saya kenal, jadi akan mempermudah dalam mendapatkan informasi darinya.

Alasan pemilihan tema wawancara:
Saya memilih tema ini karena menurut saya tema ini menarik untuk dikupas, karena jarang seseorang yang bekecimpung dalam dunia non-fiksi bisa menjadi begitu ahli dalam dunia fiksi. Dan jika dilihat dari sifat keduanya terlihat bersebalahan atau berlawanan.

Hasil Wawancara

Peneliti
:
Assalamu’alaikum
Narasumber
:
Wa’alaikumusalam wr wb.
Peneliti
:
Bagaimana kabar nya ?
Narasumber
:
Alhamdulilah baik , dan anda bagaimana kabarnya?
Peneliti
:
Alhamdulliah baik juga mas , Boleh minta waktunya sebentar mas?
Narasumber
:
Oh silahkan senang hati…
Peneliti
:
Oh ya langsung saja, saya adalah mahasiswa dari UIN ingin mengajukan beberapa pertanyaan kepada anda seputar dunia fiksi yang anda geluti sekarang. Tapi sebelumnya ,Boleh tahu nama lengkapnya?
Narasumber
:
Nama lengkap saya Slamet Riadi Efendi.
Peneliti
:
Dan dimana tempat tinggal anda sekarang ?
Narasumber
:
Alhamdulillah saya sekarang tinggal di sebuah asrama UICCI cabang yogyakarta
Peneliti
:
Sekarang masih kuliah di mana  dan jurusannya ?
Narasumber
:
Sekarang kuliah di UIN Sunan Kalijaga Fakultas sains dan teknologi jurusan matematika
Peneliti
:
Oh di UIN juga ya mas, sekarang semester berapa ?
Narasumber
:
Alhamdulillah sekarang semester 6 , mau semester 7..
Peneliti
:
Lantas kalau anda mengambil jurusan matematika murni yang bersifat non-fiksi tetapi kenapa anda malah berkecimpung dalam dunia fiksi, apakah yang menjadi latar belakang anda.
Narasumber
:
Alasan saya begini,, dalam hidup kita alangkah lebih baiknya untuk tidak melingkari gerak dan pemikiran kita. Seperti halnya meski jurusan saya adalah matematika , akan tetapi ,bukan berarti bidang yang lain adalah hal yang tak semestinya saya geluti. Karena dengan matematika saya bias berfikir realistis dan dengan sastra saya bias mengasah jiwa saya untuk peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di sekitar saya.
Peneliti
:
Sudah berapa lama anda berkecimpung dalam dunia menulis ini?
Narasumber
:
Cukup lama… sejak 2 SMP
Peneliti
:
Wah mantap mas. Terus Ada berapa karya yang telah anda buat?
Narasumber
:
Alhamdulillah untuk novel ada 2, judulnya untuk yang pertama ; balada di atas bumi cinta , yang kedua mushaf cinta yang terbakar . dan sekarang lagi dalam proses penggarapan novel yang ketiga.
Peneliti
:
Sebenarnya cita-cita anda apakah memang ingin menjadi penulis ya?
Narasumber
:
Sejatinya Cita-cita saya ingin menjadi penulis berkaliber internasional, namun bukan berarti saya menafikan matematika yang merupakan bidang studi yang saya geluti saat ini.
Peneliti
:
Adakah seseorang yang menjadi motivator bagi anda?
Narasumber
:
Ada, adik saya
Peneliti
:
Lho kok adiknya mas, memangnya kenapa?
Narasumber
:
Ya karena sesuatu yang tidak bisa saya ungkapkan,, alias rahasia .. hehe J
Peneliti
:
Selain dunia fiksi yang anda geluti , masih adakah dunia lain yang anda geluti sekarang?
Narasumber
:
Kebetulan untuk sementara waktu belum ada, karena masih sibuk dengan program pesantren UICCI.
Peneliti
:
Apa harapan anda ke depan , apakah ada prospek yang ingin anda lakukan?
Narasumber
:
Ada,, pertama saya ingin ke Prancis dengan novel saya dan saya berharap kelak bisa memberangkatkan kedua orang tua ke baitullah juga dengan novel saya.
Peneliti
:
Mungkin ada motto yang anda pegang saat ini ?
Narasumber
:
Iya ada.. yaitu “ jika usiamu tak sepanjang masa , maka sambunglah dengan karya”
Peneliti
:
Ya menurut saya cukup sampai disini saja,  sebenarnya  masih banyak tentunya yang belum saya ketahui dari anda, terima kasih banyak atas waktu dan kesempatannya.
Narasumber
:
Sama-sama ,,,,
Peneliti
:
Sekali lagi terima kasih dan mohon maaf kalau ada tutur kata yang kurang berkenan .oh ya mas. Sampai bertemu lagi. Wassalamu’alaikum.
Narasumber
:
wa’alaikumussalam wr wb…

a.       Lampirkan foto-foto saat melakukan wawancara.
 
 
Kesimpulan :
Dari wawancara yang saya lakukan , saya dapat menyimpulkan bahwa seseorang yang belajar dalam bidang non-fiksi tidaklah terbatas ruang untuk bisa menggeluti dunia fiksi. Bila ada kemauan maka ada jalan, walaupun seseorang yang notabene selalu berkecimpung dalam hal-hal yang realistis, dia pun bisa memasuki dunia imaginasi. Bahkan tidak jarang orang yang pandai dalam bidang non-fiksi dia juga pandai dalam bidang fiksi. Selain itu , hal yang paling saya sukai dari mottonya yaitu : jika usiamu tak sepanjang masa, maka sambunglah dengan karya”. Inilah selogan yang patut diterapkan dalam kehidupan kita. Karena dengan karya kita memang seakan-akan selalu hidup selama karya itu masih tetap ada dan apalagi jika bermanfaat bagi yang lain.


Tugas III : Mengkritisi Skripsi
Judul Skripsi:
UPAYA  MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII B MTS AL WATHONIYAH SEMARANG
TAHUN 2013
                                                  Disusun Oleh : Agil Indrayanto
NIM : 09420096
            (Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN  Sunan Kalijaga)

1.         Latar Belakang Masalah         
        Dalam latar belakang yang dipaparkan oleh penulis menurut saya sudah baik, karena di dalamnya telah dituliskan oleh penulis berupa sejumlah hal yang menyinggung judul skripsi dan juga terdapat sejumlah teori yang dibarengi dengan fakta-fakta teoritik maupun empirik sehingga menjadikan skripsi ini terkesan ilmiah. Namun dari latar belakang yang dipaparkan, menurut saya masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan latar belakang masalah, yang perlu dicantumkan, yaitu perlu mencantumkan mengapa penelitian ini penting untuk diteliti, hal ini penting karena berhubungan dengan tindakan yang akan dilakukan oleh penulis. Jika tidak ada hal yang menarik atau penting untuk diteliti, maka penelitian yang dilakukan hanya akan terkesan stagnan, tanpa rasa dan sia-sia karena tidak adanya manfaat untuk mengadakan penelitian tersebut. Selain itu hal yang berhubungan dengan obyek yang akan diteliti berada di alenia yang jauh, masih terlalu melebar, sehingga apabila ada yang ingin membaca skripsi ini, pembaca harus membaca hingga hampir akhir tulisan latar belakang baru pembaca paham akan maksud dari penulis. menurut saya dalam penulisan latar belakang masalah skripsi harus jelas dan inti dari dilakukannya penelitian dapat dipahami sebelum sampai akhir penulisan latar belakang.

2.         Rumusan Masalah
            Penulisan perumusan masalah skripsi yang ditulis menurut saya sudah baik karena mengajukan dua rumusan masalah untuk diteliti karena telah dibuat dalam bentuk pertanyaan yang tepat dan pada pertanyaan ketiga, tempat penelitian sudah jelas terbukti dengan menuliskan “MTs Al-Wathoniyah Semarang”. Namun untuk pertanyaan yang pertama dan kedua masih terkesan dalam ranah yang sama. 

3.         Tujuan dan Kegunaan Penelitian
            Tujuan yang dipaparkan oleh penulis telah tepat karena langsung terkait dengan masalah pada rumusan masalah. begitu juga dengan kegunaan penelitian juga sudah baik karena langsung tertuju pada manfaat yang diperoleh seteleh melakukan penelitian. Selain itu juga terdapat manfaat yang akan diperoleh untuk pembaca, baik untuk penulis sendiri maupun untuk MTs Al Wathoniyah Semarang. Namun menurut saya, masih ada beberapa hal seperti yang saya terangkan pada rumusan masalah di atas, yaitu untuk tujuan atau keguaan pada point pertama dan kedua masih terlihat pada ranah yang sama.

4.         Tinjaun Pustaka
        Tinjaun pustaka yang ditulis oleh agil Indrayanto dalam skripsi ini sudah bagus  karena dari tiga tema skripsi sebelumnya telah relevan dan ada keterkaitan dengan tema skripsi ini yaitu mengangkat media buku dalam kefektifitasan pembelajaran siswa, yaitu berupa upaya-upaya atau usaha yang dilakukan oleh guru yang kaitannya dengan aktivitas pembelajaran yang dilakukan terhadap peserta didik. Selain itu, disertai dengan penjelasan singkat skripsi yang dijadikan tinjauan pustaka, sehingga seakan menerangkan mengapa penulis memilih tiga tema skripsi tersebut.

5.         Kerangka Teori
        Dalam Skripsi ini terdapat 18 halaman yang mengulas kerangka teori yang dipaparkan oleh Agil Indrayanto menurut saya sudah bagus. Di dalam penulisan kerangka teori ini terdapat sejumlah teori yang digunakan sebagai landasan dalam penelitian. Dimana dalam pemaparannya yang jelas disertai dengan manfaat atau apa yang akan didapat oleh pembaca. Selain itu juga teori ini diambil dari para ilmuan yang memang ahli dalam bidangnya. Sehingga kemungkinan keberhasilan dan kemanfaatannya akan tinggi. Namun yang saya teliti masih ada beberapa istilah teori atau medote yang kurang ditekankan, sehingga membingungkan bagi pembaca mana yang termasuk istilah, pembagian dan sebagainya. Menurut saya perlu diperjelas atau ditekankan. Bisa menggunakan pertama, kedua, ketiga dan seterusnya atau diberi angka/huruf agar bisa membedakan mana yang menjadi istilah dan mana yang tidak menjadi istilah.

6.         Metode Penelitian
a.       Jenis penelitian
Menurut saya Dalam penulisan metode penelitian skripsi ini baik karena didalamnya telah sesuai dengan penelitian yang hendak dilakukan yaitu berupa penelitian lapangan yang bermaksud untuk memperlajari secara intensif dan dengan model kualitatif.
b.      Sumber data
Data yang dijadikan sumber oleh penulis sudah tepat dan sesuai.
c.       Teknik Pengumpulan Data
Teknik yang dilakukan oleh Agil Indrayanto untuk pengumpulan data menurut saya sudah tepat. Yaitu berupa observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Analisis Data.  
d.      Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang dilakukan telah sesuai dan tepat.

7.    Hasil Penelitian
       Penelitian yang dilakukan oleh peneliti telah membuahkan hasil yang memuaskan. Peneliti juga memaparkan aspek-aspek yang telah terjadi peningkatan disertai dengan beberapa penjelasan singkat. Selain itu juga penulis juga memaparkan apa saja yang menjadi faktor penghambat keaktifan belajar siswa Penjelasan yang jelas, bahasa yang lugas merupakan hal yang penting agar pembaca mengetahui secara benar seluk beluk kelas yang telah diteliti. Jadi dari hal tersebut menurut saya hasil yang sudah dipaparkan oleh penulis telah baik.
8.    Relevansi Kesimpulan dengan Rumusan Masalah
            Dalam kesimpulan dan rumusan masalah yang sudah dipaparkan oleh peneliti Secara umum sudah relevan, karena dalam kesimpulan juga dibahas hal-hal yang berhubungan dengan rumusan masalah yaitu mengenai upaya guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa MTs Al Wathoniyah Semarang. Dan dari pertanyaan yang dipaparkan dalam rumusan masalah sudah disebut dan jelaskan oleh peneliti.

9.    Teknik Penulisan Skripsi
       Skripsi yang disusun menjadi empat bab dengan rincian sebagai berikut :
Bab I , berisi pendahuluan. Bab pendahuluan ini membahas latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan kegunaan penelitian, kajian pustaka, landasan teori, metodologi penelitian, sistematika pembahasan
       Bab II, berisi gambaran umum MTs Al Wathoniyah Semarang. Gambaran Umum MTs Al Wathoniyah Semarang diantaranya tentang letak geografis, sejarah berdiri dan perkembangannya, dasar dan tujuan berdirinya, struktur organisasi, keadaan guru, keadaan siswa, serta sarana prasarana MTs Al Wathoniyah Semarang.
       Bab III, berisi tentang laporan hasil penelitian yang meliputi penyajian data, analisis data dan pembahasan hasil penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MTs Al Wathoniyah Tlogosari Semarang, upaya guru bahasa Arab dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran bahasa Arab di MTs Al Wathoniyah Semarang, dan faktor penghambat keaktifan belajar siswa.
       Bab IV, berisi kesimpulan, saran-saran dan kata penutup. Serta bagian terakhir dari skripsi ini adalah daftar pustaka dan lampiran-lampiran.




Nama    : Soni Agus Setiawan
NIM       : 11420098
 
___________________________ JJJJJJJJ____________________________
Sonie Elbalarjani Muta'alim, Mahasiswa, Santri

0 Response to "KUMPULAN TUGAS LAPORAN PENGAMATAN LAPORAN WAWANCARA MENGKRITISI SKRIPSI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel