Contoh Tugas Wawancara

1.     Tugas Wawancara

a.       Lakukan wawancara dengan seseorang atau sekelompok orang.
b.      Tema wawancara bersifat bebas, tetapi disarankan untuk mengambil tema yang bermanfaat, seperti persoalan korupsi, dekadensi moral, aktifitas mahasiswa, terorisme, dan lain-lain berikan alasan yang rasional mengapa saudara memilih orang tersebut sebagai nara sumber, dan mengapa saudara mengambil tema wawancara tersebut?
d.      Laporkan hasil pengamatan saudara dalam transkrip wawancara sebagai berikut:
TRANSKRIP WAWANCARA

Narasumber           : Slamet Riyadi Effendi
Hari Tanggal         : Sabtu, 30 Juni 2013
Jam                        : 20.00 WIB
Tema wawancara  : Pelajar nonfiksi ahli dalam karya fiksi
Alasan pemilihan narasumber:
Saya selaku pewawancara memilih narasumber karena narasumber merupakan seorang yang ahli dalam penulisan karya-karya fiksi, padahal sepengetahuan saya narasumber merupakan pelajaran matematika yang sifatnya non-fiksi berupa hal-hal yang pasti dan nyata. Narasumber dalam kesehariannya berkecimpung dalam angka-angka perhitungan. Selain itu narasumber memang merupakan seseorang yang saya kenal, jadi akan mempermudah dalam mendapatkan informasi darinya.
Alasan pemilihan tema wawancara:
Saya memilih tema ini karena menurut saya tema ini menarik untuk dikupas, karena jarang seseorang yang bekecimpung dalam dunia non-fiksi bisa menjadi begitu ahli dalam dunia fiksi. Dan jika dilihat dari sifat keduanya terlihat bersebalahan atau berlawanan.
Hasil wawancara:

Peneliti: ............................................................................................................................
Narasumber: ....................................................................................................................

e.       Lampirkan foto-foto saat melakukan wawancara.

Pertanyaan yang akan ditanyakan
  1. Assalamu’alaikum
Wa’alaikumusalam wr wb.
  1. Bagaimana kabar nya ?
Alhamdulilah baik , dan anda bagaimana kabarnya?
  1. Alhamdulliah baik juga mas , Boleh minta waktunya sebentar mas?
Oh silahkan senang hati…
  1. Oh ya langsung saja, saya adalah mahasiswa dari UIN ingin mengajukan beberapa pertanyaan kepada anda seputar dunia fiksi yang anda geluti sekarang. Tapi sebelumnya ,Boleh tahu nama lengkapnya?
Nama lengkap saya Slamet Riadi Efendi.
  1. Dan dimana tempat tinggal anda sekarang ?
Alhamdulillah saya sekarang tinggal di sebuah asrama UICCI cabang yogyakarta
  1. Sekarang masih kuliah di mana  dan jurusannya ?
Sekarang kuliah di UIN Sunan Kalijaga Fakultas sains dan teknologi jurusan matematika
  1. Oh di UIN juga ya mas, sekarang semester berapa ?
Alhamdulillah sekarang semester 6 , mau semester 7..
  1. Lantas kalau anda mengambil jurusan matematika murni yang bersifat non-fiksi tetapi kenapa anda malah berkecimpung dalam dunia fiksi, apakah yang menjadi latar belakang anda.
Alas an saya begini,, dalam hidup kita alangkah lebih baiknya untuk tidak melingkari gerak dan pemikiran kita. Seperti halnya meski jurusan saya adalah matematika , akan tetapi ,bukan berarti bidang yang lain adalah hal yang tak semestinya saya geluti. Karena dengan matematika saya bias berfikir realistis dan dengan sastra saya bias mengasah jiwa saya untuk peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di sekitar saya.
  1. Sudah berapa lama anda berkecimpung dalam dunia menulis ini?
Cukup lama… sejak 2 SMP
  1. Wah mantap mas. Terus Ada berapa karya yang telah anda buat?
Alhamdulillah untuk novel ada 2, judulnya untuk yang pertama ; balada di atas bumi cinta , yang kedua mushaf cinta yang terbakar . dan sekarang lagi dalam proses penggarapan novel yang ketiga.
  1. Sebenarnya cita-cita anda apakah memang ingin menjadi penulis ya?
Sejatinya Cita-cita saya ingin menjadi penulis berkaliber internasional, namun bukan berarti saya menafikan matematika yang merupakan bidang studi yang saya geluti saat ini.
  1. Adakah seseorang yang menjadi motivator bagi anda?
Ada, adik saya
  1. Lho kok adiknya mas, memangnya kenapa?
Ya karena sesuatu yang tidak bisa saya ungkapkan,, alias rahasia .. hehe J
  1. Selain dunia fiksi yang anda geluti , masih adakah dunia lain yang anda geluti sekarang?
Kebetulan untuk sementara waktu belum ada, karena masih sibuk dengan program pesantren UICCI.
  1. Apa harapan anda ke depan , apakah ada prospek yang ingin anda lakukan?
Ada,, pertama saya ingin ke Prancis dengan novel saya dan saya berharap kelak bisa memberangkatkan kedua orang tua ke baitullah juga dengan novel saya.
  1. Mungkin ada motto yang anda pegang saat ini ?
Iya ada.. yaitu “ jika usiamu tak sepanjang masa , maka sambunglah dengan karya”
  1. Ya menurut saya cukup sampai disini saja,  sebenarnya  masih banyak tentunya yang belum saya ketahui dari anda, terima kasih banyak atas waktu dan kesempatannya.
Sama-sama ,,,,
  1. Sekali lagi terima kasih dan mohon maaf kalau ada tutur kata yang kurang berkenan .oh ya mas. Sampai bertemu lagi. Wassalamu’alaikum.
wa’alaikumussalam wr wb…
Kesimpulan
Dari wawancara yang saya lakukan , saya dapat menyimpulkan bahwa
berpengaruh terhadap kegitan pembelajaran.



a.       Lampirkan foto-foto yang menunjukkan objek yang diamati.
Sonie Elbalarjani Muta'alim, Mahasiswa, Santri

1 Response to "Contoh Tugas Wawancara"

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel