Format Proposal PTK

1
Format Proposal PTK
Oleh: Dr. Abdul Munif Khamim
===========================================================================
Judul:
............................................................................................................................. ...............
.................................................................................................................... .......................
(Judul  PTK  yang  baik  menggambarkan  tentang  problem  tindakan,  solusi  tindakan,  dan sasaran  serta  tempat
tindakan)
A.  Latar Belakang
Pembelajaran PAI di kelas IV  SD Sokaraja  tidak selalu berjalan dengan mulus dan lancar. Banyak
permasalahan yang ternyata menghambat keberhasilan pembelajaran PAI. Di antara permasalahan yang
dihadapi  guru  PAI  adalah  (1)  rendahnya  kemampuan  siswa  dalam  membaca  al-Qur'an,  (2)  rendahnya
partsisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, (3) tidak semua  siswa memiliki sumber belajar
atau buku teks, (4)  rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran tertentu, dan lain lain.
Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca huruf al-Qur'an tentu merupakan suatu yang ironi.
Idealnya,  semua  siswa  kelas  IV  SD  sudah  harus  bisa  membaca  al-Qur'an  dengan  lancar,  namun
kenyataannya masih ada sebagian  siswa yang belum mampu membaca al-Qur'an dengan lancar. Hal ini
terlihat ketika guru PAI melakukan tes baca al-Qur'an. Dari  25 siswa kelas IV, ada 15 siswa yang belum
lancar dalam membaca al-Qur'an, bahkan masih ada 5 orang anak yang sama sekali masih bingung dalam
mengenal huruf hijaiyah.
Partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran PAI juga sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan
................................................................................................................................................................ ..........
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................. ........
..........................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
(Uraikan masing-masing permasalahan yang dihadapi peneliti dengan berbasis data)
Dari  berbagai  permasalahan  di  atas,  maka  permasalahan  mengenai  .............................................
(pilih  salah  satu)  perlu  segera  diatasi.  Jika  tidak  segera  dicarikan  solusinya,  dimungkinkan  akan
mempengaruhi  ..........................  Itulah  sebabnya,  peneliti  memilih  permasalahan  tersebut  sebagai
problem yang harus segera dipecahkan.
Jika dianalisis secara seksama, maka sesungguhnya permasalahan ............................. terjadi karena
adanya beberapa faktor, yaitu (1) ..........................................................., (2) .......................... ......................,
(3) ........................................................ Dari faktor-faktor tersebut, tampaknya faktor ............ merupakan
penyebab yang dominan. Hal ini karena........................... dst.
Secara teoritik, jika permasalahan ............................. itu disebabkan karena faktor .........................,
maka solusi yang memungkinkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah antara lain (1) ..............., (2)
.............., (3) ....................... Dari kemungkinan solusi yang ada, peneliti lebih memilih solusi yang berupa
.................. Hal ini didasarkan pada pertimbangan sebagai berikut: .....................................................
(jelaskan alasannya).
Dari beberapa uraian di atas, maka sudah seharusnya permasalahan yang berupa ..........................
perlu segera diselesaikan melalui kegiatan PTK.
B.  Rumusan Masalah
1.  Bagaimana penerapan ................ untuk meningkatkan ............................. siswa kelas V SD Sokaraja?
2
2.  Bagaimana peningkatkan ........................ siswa kelas V SD Sokaraja setelah diterapkan ......................?
C.  Tujuan dan Kegunaan
Tujuan penelitian ini adalah:
1.  Menerapkan .............................. untuk meningkatkan .................................................
2.  Mengetahui bearnya peningkatan................................. melalui penerapan .................................
Sedangkan kegunaan penelitian ini antara lain:
1.  Bagi guru
a.  ..............................................
b.  ...............................................
2.  Bagi siswa
a.  .................................................
b.  .................................................
D.  Kajian Pustaka
Penelitian tentang ...................... sudah banyak dilakukan oleh orang lain. Di antara hasil penelitian
yang memiiki relevansi dengan penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan oleh ...........................,
....................., dan ................................. (sebutkan nama para peneliti)
............................ dalam penelitiannya yang berjudul “................................” menemukan bahwa
..............................
1
Temuan ini tentu mempunyai relevansi dengan penelitian yang akan dilakukan
peneliti, terutama dalam aspek.................................... Namun yang membedakan dengan penelitian ini
adalah ....................
........................... (lanjutkan untuk hasil penelitian berikutnya)
Dari beberapa hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas, jelaslah bahwa penelitian yang akan
dilaksanakan berbeda dengan hasil-hail penelitian sebeumnya. Jika ada kemiripan, bukan berarti sama
persis, tetapi ...............................
(silahkan bangun argumentasi untuk membuktikan bahwa penelitian anda berbeda dengan pene litian
sebelumnya, dan bahwa penelitian anda bukanlah menjiplak penelitian orang lain)
E.  Kajian Teori
Penelitian  ini  termasuk  dalam  wilayah  kependidikan  teruatama  dalam  aspek  .................  (sebutkan
aspek  pendidikan  yang  menjadi  fokus  penelitian  ini,  seperti  aspek  metode,  strategi,  materi,  media,
evaluasi, dan lain-lain). Oleh  karena  itu, pemaparan mengenai teori pada  aspek ................... merupakan
suatu keharusan sebagai pemandu dan pisau analisis dalam penelitian ini.
Dalam  aspek  ..................,  ada  beberapa  konsep  yang  perlu  dipaparkan  lebih  lanjut,  yaitu  (1)
...................., (2) .............................., (3) ............................., dst
1.  ..................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
(uraiakan secara mendetail tentang konsep ini, dimulai dari definisi, dan hal -hal lain yang terkait)
2.  ..................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
3.  .....................................................
....................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................. .
(uraiakan secara mendetail tentang konsep ini, dimulai dari definisi, dan hal -hal lain yang terkait)
1
Sebutkan nama peneliti, judul penelitian, penerbit, tahun terbit  
3
4.  ....................... Dst
F.  Hipotesis Tindakan
Penerapan ............................................... bisa meningkatkan .......................................................
G.  Metode Penelitian
1.  Penentuan subjek penelitian
Subjek  penelitian  ini  terdiri  dari  ................  orang  yang  duduk  di  kelas  .................  Terdiri  dari
.........orang  siswa,  dan  ...............  orang  siswi.  Dilihat  dari  kemampuan  .....................  (sebutkan
kemampuan yang mau ditingkatkan), maka ada ............ orang siswa yang sudah memiliki kemampuan
................... tersebut dengan bail, .................. orang siswa yang masih kurang dalam .................., dan
.............. siswa yang sama sekali belum mampu .............
(peneliti  tidak  perlu  berbicara  panjang  lebar  tentang  populasi  dan  sampel  sebagaimana  dalam
penelitian pada umumnya).
2.  Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model  Kemmis  dan
Mc  Taggart  yang  menggunakan  siklus.  Model  ini  terdiri  dari  4  (empat)  langkah  yaitu:  rencana,
tindakan, observasi, dan refleksi.
3.  Waktu Penelitian
Penelitian  ini  akan  dilaksanakan  pada  ..........................  Kemungkinan  akan  memakan  waktu
selama ............... bulan....
4.  Langkah-langkah penelitian
Penelitian ini ditempuh  dalam beberapa siklus sampai permasalahan yang ada bisa dipecahkan.
Adapun setiap siklus teridiri dari:
a.  Perencanaan
.............................................................................................................................................................
(Uraikan  kegiatan  yang  termasuk  dalam  tahap  perencanaan  seperti  observasi  awal,  menyusun
rencana  pembelajaran  (strategi  dan  skenario),  menyusun  instrumen  observasi,menentukan
jadwal pelaksanaan, dan lain-lain)
b.  Pelaksanaan tindakan
.............................................................................................................................................................
(Uraikan  kegiatan  yang  termasuk  dalam  tahap  pelaksanaan  tindakan,  seperti  mempersiapkan
segala  kebutuhan  untuk  melaksanakan  tindakan;  mempersiapkan  siswa  untuk  segera
melaksanakan  kegiatan;  melaksanakan  kegiatan/tindakan  sesuai  rencana  pembelajaran;
melakukan pengelolaan dan pengendalian)
c.  Observasi:
...........................................................................................................................................................
(uraiakan bagaimana  peneliti akan mengamati aktivitas guru dan dampak dari tindakan terhadap
aktivitas siswa, dengan instrumen lembar observasi dan catatan peneliti)
d.  Refleksi:
.............................................................................................................................................................
(uraikan  bagaimana  peneliti  menilai,  menganalisis,  melakukan  sintesis,  memberikan  makna,
memberikan  penjelasan,  mengulas  secara  kritis  perubahan  yang  terjadi  pada:  siswa,  suasana
kelas, dan guru, serta membuat simpulan perbaikan/hasil)
4
5.  Teknik dan instrumen pengumpulan data
Tekni  penelitian  yang  akan  digunakan  untuk  mengumpulkan  data  adalah  ............................
(sebutkan beberapa teknik yang akan digunakan seperti observasi, wawancara, tes, skala sikap, dan
lain-lain)
Adapun  instrumen  yang  akan  digunakan  adalah  ..........................................................  (sebutkan
beberapa instrumen yang akan digunakan seperti lembar pengamatan, cek lis, pedoman wawancara,
angket, butir tes, dan lain-lain)
6.  Pemaparan dan analisis data
Data  yang  telah  terkumpul  selanjutnya  akan  dipaparkan  dalam  bentuk  narasi,  tabel,  gambar,
dan grafik. Narasi digunakan untuk mendeskripsikan data kuaitatif yang berupa proses kegiatan, dan
lain-lain.  Sedangkan  tabel,  gambar,   dan  grafik  digunakan  untuk  me maparkan  data  yang  bersifat
kuantitatif.
Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualititaif
dilakukan dalam bentuk .......................................................
Sedangkan analisis kuantitatif dilakukan antara lain dengan menggunakan statitisktik deskriptif
sederhana  seperti  rata-rata,  persentasi.  Di  samping  itu,  untuk  mengetahui  besarnya  peningkatan
.................  antara  sebelum  tindakan  (pra  tindakan)  dan  setelah  tindakan  digunakan  statistik
komparatif dengan rumus t.
H.  Indikator Keberhasilan
Penelitian Tindakan Kelas ini dianggap berhasil jika ................................... (gunakan ukuran kuantitatif)
siswa telah mengalami peningkatan ..............................
I.  Sistematika Penulisan
Sonie Elbalarjani Muta'alim, Mahasiswa, Santri

0 Response to "Format Proposal PTK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel