Contoh Observasi

Tugas I : Pengamatan

JUDUL :
“PENGARUH FAKTOR UMUR GURU TERHADAP RASA HORMAT MURID

CATATAN LAPANGAN (FIELDNOTE)
Objek Pengamatan: Pengaruh faktor umur guru terhadap rasa hormat murid.
Hari Tanggal         : 27 Juni 2013
Jam                        : 09.00 WIB
Jenis pengamatan  : (terlibat)
Alasan pemilihan objek pengamatan:
“ Pengamatan ini menurut saya sangat penting dilakukan karena berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran dan tercapainya tujuan yang diinginkan”
A.    Deskripsi pengamatan
·         Pembelajaran dimulai pada jam 04.45 WIB
·         Ketika pembelajaran kajian kitab dimulai para santri diharapkan untuk membaca salah satu surah dalam al-Qur’an
·         Ada santri yang malas dan menunda-nunda untuk membaca , ada murid yang keluar dan mencari kegiatan-kegiatan  sehingga terlambat
·         Ketika membaca al-Qur’an sudah dimulai , tiba-tiba seorang guru muda menyuruh para murid untuk menghentikan bacaan dan memulai membaca do’a belajar (karena memang do’a tidak langsung dibaca ketika pembelajaran dimulai)
·         Ada sebagian murid yang segera berhenti dan patuh terhadap perintah guru.
·         Ada sebagian murid yang merasa kesal dengan alasan karena disuruh segera berhenti saat kegiatan membaca masih berlanjut. Sehingga menunjukkan tindakan seperti rasa marah.
·         Ketika pembelajaran inti sudah dimulai  , terdapat sebagian siswa yang merasa malas, tidur-tiduran, bosan dsb. Seperti tidak mempunyai rasa hormat terhadap gurunya. Tetapi ada juga sebagian murid yang antusias dan semangat dalam belajar
·         Murid yang malas dan bosan karena pelajaran yang diajarkan hanya itu saja dan belum ada peningkatan, padahal para murid sudah merasa sangat butuh dengan pelajaran lain. Melihat karena mereka sudah mulai dewasa dan sudah akan terjun di masyarakat. Jika pelajarannya diulang-ulang saja maka mereka berpikir akan minimnya pengetahuan terhadap pengetahuan yang lain.
·         Selain itu juga seorang guru terkesan suka memberi perintah seperti ini, seperti itu. Sehingga ada sebagian dari murid yang merasa tidak selayak seorang guru seperti itu Karena masih dalam umur yang sama.
B.     Komentar Pengamat
·         Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan, saya menyimpulkan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru yang masih dalam umur yang sama akan berpengaruh terhadap sebagian murid dan berkaitan dengan rasa hormat mereka, sehingga apa yang diperintahkan oleh seorang guru terkesan seperti teman sendiri. Dan egoisitas para murid mudah terpacu. Hal ini mengakibatkan pembelajaran yang tidak dilakukan dengan teknik tertentu akan berpengaruh terhadap kegitan pembelajaran.


a.       Lampirkan foto-foto yang menunjukkan objek yang diamati.
Sonie Elbalarjani Muta'alim, Mahasiswa, Santri

0 Response to "Contoh Observasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel